Pemdes Pulau Rajak Gelar Musrenbangdes Anggaran 2021


BANYUASIN, SP -- Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Rajak, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin,menggelar Musrenbangdes dalam rangka menampung usulan rencana pembangunan pada tahun 2021 mendatang, bertempat di Kantor desa setempat, Senin (07/09).

BACA JUGA :

Terima Kunker DPD RI, Askolani minta Suarakan Usulan Pembangunan Banyuasin


Hadir dalam musyawarah tersebut Camat Betung M. Sobir, S.Sos didampingi Sekcam Betung Yudi Santoso, S.Sos, Pj. Kepala Desa (Kades) Pulau Rajak Abdul Manaf,  SE, Ketua BPD Pulau Rajak Saka, ST beserta anggota, Pendamping PDTI Kecamatan Betung Arnita, ST, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Para Ketua RT dan Kadus.

Pj. Kades Pulau Rajak Abdul Manaf, SE, dalam sambutannya menyampaikan dirinya menyampaikan kegiatan Musrenbangdes merupakan sebuah rangkaian tahapan dalam menentukan rencana pembangunan tahun 2021 untuk menampung usuluan dari masyarakat, program mana yang akan menjadi program sekala prioritas yang akan dibahas bersama masyarakat dalam Musrenbangdes ini.

"Kami akan menjalankan hasil Musrembangdes ini sesuai dengan harapan masyarakat, baik itu pembangunan yang menyangkut Insprastruktur, pemberdayaan maupun dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,” kata Pj. Kades Pulau Rajak Abdul Manaf, SE.

 

BACA JUGA :

Pemdes Letakkan Batu Pertama Pembangunan Bedah RTLH


Abdul Manaf berharap dari kegiatan ini semua usulan yang menjadi harapan masyarakat bisa terlaksana, dengan hasil musyawarah ini pembangunan di Desa Pulau Rajak lebih baik dan lebih maju lagi.

"Kami selaku pemerintah desa mengajak semua lapisan masyarakat agar menumbuhkembangkan kembali budaya gotong royong agar terciptanya desa yang maju dan pemerintah yang aman menuju Desa Pulau Rajak yang mandiri dan religi,” tandas dia.

Sementara Ketua BPD Pulau Rajak, Saka, ST, disela-sela musyawarah tersebut mengungkapkan dalam Musrenbangdes kali ini BPD memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinghi terhadap masyrakat yang begitu antusias menghadiri acara serta memberikan masukan sumbang saran yang baik untuk rencana pembangunan terhadap Pemerintah desa.

"Semoga dari hasil kegiatan ini bisa menghasilkan kemufakatan yang baik sesuai keinginan dan aspirasi masyrakat Desa Pulau Rajak," ungkap dia seraya menyebut bahwa apapun saran dan masukan dari masyarakat demi kemajuan pembangunan di Desa Pulau Rajak semuanya akan kita tampung dan mana yang nanti menjadi skala prioritas.

Dari pantauan Sumselpers.id pada Musrenbangdes tersebut berbagai usulan dari masyarakat yakni Pengerasan jalan arah Talang Ipuh, pembangunan siring jalan dua titik yakni di RT 1 dan RT 2, Pembangunan Jalan lingkar desa, normalisasi sungai kemang dua, Pembangunan pagar SDN  7, Pembangunan kolam ikan, pembangunan Jalan tembus ke Desa Durian Daun, Pembangunan Gedung PAUD/ TPA, Pemasangan ponopi Poskesdes, Rehab Masjid Al - Ikhsan dan Pembangunan tempat pembuangan sampah.

Ditempat yang sama usai kegiatan Musrenbangdes, Camat Betung M. Sobir, S.Sos, menuturkan bahwa hari ini belum menghasilkan keputusan perencanaan yang final karena masih menyesuaikan format perencanaannya dulu karena masih ada beberapa yang harus dirubah.


"Kita fokus dulu untuk mempublikasikan atau meng informasikan kepada masyarakat untuk pembanguan di tahun 2020 dan memang sudah ditetapkan dan tidak boleh ada perubahan,” terang M. Sobir.

Dia menambahkan, untuk program sekala prioritas belum muncul untuk di tahun 2021, karena Pemerintahan Desa Pulau Rajak masih dalam tahap transisi maksudnya ada beberapa perencanaan yang harus di perbaiki karena dalam perencananya masih belum sempurna.

"Semoga bulan September 2020 ini sudah mulai penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) tahun 2021 agar bisa mulai lebih awal sehingga jadwal tahapan kegiatan tepat waktu, jadwal yang sudah ditetapkan tidak bisa dirubah terkecuali ada musibah seperti ada bencana alam atau kejadian sangat luar biasa, perubahan harus tetap melibatkan masyarakat,” tegas dia. (Adm).

Powered by Blogger.