KPU Yakin Partisipasi Masyarakat Tak Menurun

- Meski di Masa Pandemi

Ketua KPU Sumatera Selatan, Kelly Mariana. (foto/kak)

PALEMBANG, SP
-  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan, Kelly Mariana optimis Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 berjalan lancar meski di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Hal ini berkaitan dengan masa pandemi, di mana masyarakat diasumsikan akan pasif pada Pilkada Sumsel 9 Desember mendatang.

"Orang-orang mengatakan ada potensi menurun (partisipasi pada Pilkada). Namun kami katakan tidak seperti itu," kata Kelly kepada wartawan di sela Medical Check Up (MCU) Bapaslon kepala daerah di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Muhammad Hoesin, Selasa (8/9/2020).

Saat ini, lanjut Kelly, KPU Sumsel terus menyosialisasikan Pilkada 2020 kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut di antaranya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

"Sekarang kan era digital. Kami memanfaatkan media sosial, kemudian publikasi rekan-rekan wartawan juga dalam sosialisasi Pilkada," ujar Kelly.

Dirinya juga memastikan, KPU Sumsel akan menerapkan protokol kesehatan di tujuh daerah kabupaten yang akan memilih pemimpin untuk periode lima tahun ke depan.

BACA JUGA : Cabup-Cawabup Jalani Test Kesehatan

"Jadi masyarakat jangan takut datang ke TPS. Protokol kesehatan tetap dijalankan dan protokol ini yang juga kami sosialisasikan," terang Kelly.

Lebih lanjut Kelly menerangkan, ada tujuh kabupaten di Sumsel yang akan mengikuti Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Dari tujuh kabupaten tersebut, sebanyak 13 orang pasangan calon telah mendaftar ke KPU daerah kabupaten masing-masing.

Pilkada di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memiliki calon tunggal dari petahana, yakni Kuryana Azis-Johan Anuar.

Di kabupaten OKU Selatan juga saat ini memiliki calon tunggal yakni pasangan Popo Ali-Sholihien.

Kabupaten OKU Timur memiliki dua pasangan calon, yakni Lanosin Hamzah-Adi Nugraha Purna Yudha dan paslon independen yakni Kolonel Ruslan-Herly Sunawan.

Di Kabupaten Ogan Ilir (OI), calon petahan Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak akan bersaing dengan pasangan Panca Wijaya Akbar-Ardani.

Lalu, kabupaten Musi Rawas ada calon petahana Hendra Gunawan-Mulyana dan pasangan Ratna Mahmud-Suwarti.

Di daerah tetangga, kabupaten Musi Rawas Utara, ada tiga paslon yang maju, yakni pasangan Syarif Hidayat-Surian, Devi Suhartoni-Inayatullah dan pasangan independen Akisropi Ayub-Baikuni Anwar.

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ada dua paslon, sang petahana Heri Amalindo-Soemarjono dan pasangan Devi Harianto-Darmadi.

Hari ini (8/9), sebanyak 20 orang bakal calon bupati dan wakil bupati dari lima kabupaten mengikuti serangkaian Medical Check Up (MCU) di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Muhammad Hoesin Palembang.

Ketua Komisi Kelly mengatakan, MCU ini guna melengkapi berkas pendaftaran menjadi peserta Pilkada Sumsel 2020.

"MCU ini sebelum bertarung di Pilkada pada 9 Desember mendatang," kata Kelly.

Selain 20 orang bakal calon yang hadir, enam orang lainnya tak hadir karena alasan tertentu.

Kelly menjelaskan, pada hari pertama MCU ini, empat dari enam orang yang merupakan dua bakal pasangan calon tak hadir karena belum memiliki pesaing atau diprediksi akan bertarung melawan kotak kosong.

"Dari OKU, Pak Kuryana Aziz dan Pak Johan Anwar. Dari OKU Selatan, Pak Popo Ali dan Pak Sholihien, keempatnya akan diperpanjang masa pendaftarannya selama satu minggu ke depan," ujar Kelly.

BACA JUGA :Kuryana Azis, Minta ASN Tidak Berpolitik

Diketahui, selama batas waktu pendaftaran pada tanggal 4 hingga 6 September lalu, hanya ada satu paslon yang mendaftar di kedua daerah kabupaten tersebut.  

Sementara dua orang lainnya dari Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tak hadir karena calon bupati yang merupakan petahana, Heri Amalindo diketahui sakit dan wakilnya Soemarjono juga tak hadir pada MCU ini.

"Bagi bakal calon yang sakit, tentunya akan dilakukan MCU setelah yang bersangkutan pulih," terang Kelly.

Sementara 20 orang bakal calon dari lima kabupaten, yakni OKU Timur, Ogan Ilir, Musi Rawas (Mura), dan Musi Rawas Utara (Muratara), hari ini siap menjalani MCU.

"Besok hari kedua MCU dan kita akan lihat kesiapan para bakal calon pada rapat pleno nanti," kata Kelly. (Kak)

Powered by Blogger.