Kades, Sekdes dan Staf Jalani Rapid Test Dadakan

Tampak Kades, Sekdes dan Staf Kecamatan Lais Kabupaten Muba Sedang Mengikuti Rapid Test, (foto/ch@) 

MUBA, SP
- Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin, seluruh kepala desa (Kades), sekretaris desa  (Sekdes) dan staf kecamatan dalam Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengikuti rapid test massal secara dadakan di Aula Kantor Camat Lais, Rabu (9/9/2020).

Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengatakan, rapid test bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang memiliki potensi menyebarkan virus corona, agar cepat dilakukan tindakan agar jumlah kasus COVID-19 di Kecamatan Lais dapat ditekan seminim mungkin.

"Ini merupakan bagian dari deteksi awal, apabila ada yang reaktif akan dirujuk ke Rumah Sakit Sekayu untuk mengikuti Swab/PCR," jelasnya.

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Lais Leli Hefni SKM MKes dalam kesempatan itu mengatakan, menghadapi tatanan hidup baru saat ini diharapkan seluruh warga mengikuti protokol kesehatan.

Leli mengatakan, rapid test ini sebagai skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

"Atas permintaan Pak Camat Lais, maka kita turun untuk melakukan rapid test kepada kepala desa, perangkat dan staf di Kecamatan Lais," jelasnya.

Lebih lanjut, Leli mengatakan kegiatan ini juga sekaligus mensosialisasikan Perbup Muba No. 67 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pola jidup masyarakat yang sehat, disiplin dan produktif di era kebiasaan baru Corona Virus Disease-19 di Kabupaten Musi Banyuasin.

Dr Icisari selaku dokter penanggung jawab Covid-19 Puskesmas Lais menambahkan untuk saat ini Kecamatan Lais Zero Covid-19, oleh karena itu diharapkan agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan sehingga Kecamatan Lais tetap zona hijau.

"Pakailah masker, tetap menjaga jarak, selalu mencuci tangan," imbaunya.

Sementara, Kepala Desa Petaling Ifiat SpdI mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Muba melalui Kecamatan Lais yang bekerja sama dengan pihak Puskesmas Lais dalam pelaksanaan Rafid test bagi kepala desa, Sekdes dan staf Kecamatan Lais. 

"Kita berharap tidak ada kepala desa dan perangkat yang terpapar Covid-19, dan semoga protokol kesehatan tetap dijalankan agar terwujudnya kecamatan yang sehat dan selalu zona hijau, dengan demikian akan terwujud pertumbuhan ekonomi yang lebih baik khususnya di Kecamatan Lais," pungkasnya. (ch@)

Powered by Blogger.