Fraksi DPRD OKU Sampaikan Pemandangan Umum

Suasana Rapat Paripurna DPRD OKU Dengan Agenda Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-fraksi
BATURAJA, SP - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)  menggelar rapat paripurna  dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terkait pembahasan  APBD-P  tahun 2020, Sabtu  (22/2020) malam.

Rapat paripurna ini dipimpin wakil ketua DPRD OKU Yudi Purna Nugraha, SH.

“Pada rapat sebelumnya kita telah mengikuti penyampaian nota keuangan dan RAPBD-P OKU tahun 2020 yang disampaikan Bupati pada 19 Agustus 2020 yang lalu. Sesuai mekanisme dan tahapan pembahasan dalam rapat paripurna nota keuangan dan RAPBD-P tahun 2020 tersebut telah dibahas dalam rapat fraksi-fraksi,’ ujar Yudi. 

Sementara Fraksi PDI-P dengan juru bicara H. Azuzandri, S.H. mengatakan estimasi PAD pada ABPB-P tahun ini menurun sebesar 5,52%, untuk itu diperlukan efisiensi anggaran dengan memanfaatkan plafon anggaran dan skala prioritas total proyeksi pendapatan daerah sekitar 68,46% APBD OKU tahun 2020 yang disebabkan Pandemi Covid-19 berdampak pada Transfer Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Fraksi Partai Hanura dengan juru bicara Joni Awaluddin, S.IKom menyoroti kondisi umum belanja daerah, bahwa keuangan daerah kabupaten OKU masih terbatas. 

Sedangkan Fraksi Partai Nasional Bintang Persatuan dengan juru bicara Umi  Hartati, SE., mengingatkan Dinas  Lingkungan Hidup perlu ada Sat Pol PP di taman kota. Kemudian menyampaikan masalah perbaikan jalan  menuju Batumarta I- Desa Batu Winangun Kecamatan Lubukraja sepanjang 3 km. Selain meminta program kerja OPD dapat ditingkatkan lagi. 

Senada dengan fraksi partai PKB dengan juru bicara Densi Hermanto, SH., MSi Fraksi Partai Golkar dengan juru bicara H. Ridar Hariyuwono, S.E  mengharapkan agar masyarakat dapat mengetahui prioritas program pembangunan serta pelayanan.

Fraksi ini sependapat dengan Fraksi PAN dengan juru bicara Ledi Patra, S.Ip., MSi mengharapkan agar PAD Pemkab OKU dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga ketergantungan transfer dari pemerintah pusat dapat di minimalisir.

Fraksi partai Gerindra Sejahtera dengan juru bicara Yoelandre Pratama Putra, S.Ip.menyoroti pergeseran angka pendapatan yang  direncanakan pada APBD-P tahun anggaran 2020. 

Untuk dinas Perhubungan dapat membersihkan jalan dari kota Baturaja menuju Batumarta unit 2 di jalur blok E desa Marta Jaya ke Baturaja arah RSS Helindo dan RSS Sriwijaya.

Sementara Fraksi Partai Demokrat dengan juru bicara H. Baharuddin, SE. menghimbau agar Pemda lebih memprioritaskan peningkatan pelayanan dasar, pendidikan,  kesehatan, fasilitas umum untuk kepentingan masyarakat. (rudi) 

Powered by Blogger.