Renovasi GSJ, SFC Urungkan Niat Jadi Tuan Rumah

H Hendri Zainuddin (FT ANNISA)
PALEMBANG, SP
– Manajemen Sriwijaya FC terpaksa mengurungkan niatnya menjadi tuan rumah kompetisi Liga 2 sejak PSSI menyatakan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti.

Manajer Sriwijaya FC, Hendri Zainudin mengaku mengurungkan niatnya lantaran memilih untuk fokus merenovasi stadion GSJ. “Kita sudah mengusulkan ke PT LIB dan PSSI untuk mengurungkan niat kita menjadi tuan rumah,” ujar Hendri, Selasa (7/7) kemarin.

Menyambut Piala Dunia U-20, JSC sendiri akan memperbaiki beberapa fasilitas yang kurang layak. Seperti, mengecat kondisi fisik bangku-bangku di lapangan dan juga meratakan rumput lapangan.

Untuk itulah, pria yang sering disapa HZ ini memilih untuk memprioritaskan kepentingan Piala Dunia. “sekira bulan 9-10 renovasi dimulai, kita mendahulukan kepentingan nasional," lanjut Hendri.

Sementara, Direktur Operasional PT JSC Palembang, Bambang Supriyanto menambahkan pertama kali yang harus direnovasi yakni mengubah single seat pada bangku suporter, yang semula berkapasitas 38 ribu akan berkurang hampir 23 ribu atau sekitar 40 persen.

"Bakal jadi 22.868 seat, karena standar Piala Dunia adalah single seat. Nanti juga ada renovasi penomoran ulang tempat duduk yang sudah pudar akibat terkena panas dan hujan. Sebagian diperbaiki dan pewarnaan lagi," tambahnya.

Kemudian, pengecekan fasilitas sekitar seperti tes ulang kondisi lampu lapangan apakah telah sesuai standar. Sebab, kata Bambang, meskipun pihaknya sudah sering melaksanakan event international namun Piala Dunia U20 merupakan momentum perdana bagi pihak PT JSC.

Seperti diketahui Piala Dunia U-20 sendiri bakal dilaksanakan di Indonesia pada Mei 2021 mendatang. Saat ini PSSI telah menetapkan 6 stadion menjadi tuan rumah. 

Selain GSJ, ada 5 stadion lagi yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jalak Harupat (Jawa Barat), Stadion Manahan (Solo), Stadion Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, (Bali). (nis) 

Powered by Blogger.