Warga Keluhkan Aroma Tak Sedap Dari Kandang Bebek


BANYUASIN, SP - Keberadaan Kandang Bebek di RT 09, desa Pangkalan Benteng, kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, dikeluhkan oleh warga. Pasalnya, aroma tak sedap tercium hingga pemukiman warga, akibat bau tak sedap itu banyak mendatangkan lalat. Dikhawatirkan, jika tidak segera ditanggulangi akan menimbulkan penyakit.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, keluhan warga ini sudah berlangsung lama dan permasalahan ini sudah di laporkan ke pihak perangkat desa pangkalan benteng melalui kepala desa. Akan tetapi, permasalahan tersebut terkesan hilang bak di telan bumi. Sehingga mengundang tanda tanya.

Salah satu warga yang berada di sekitar lokasi kandang bebek, yang tidak mau disebutkan namanya ini mengatakan, semua warga mengeluhkan keberadaan kandang bebek yang lokasinya berdampingan dengan pemukiman warga. Sehingga, warga menginginkan perternakan itu ditutup.

“Baunya mengganggu pak, dan banyak lalat, mau komplain tapi kurang tau mau mengadu kesiapa, sudah 6 bulan merasakan aroma tak sedap ini. Seluruh warga disini merasakan hal yang sama,” katanya kepada awak media, Sabtu (03/04/2020) lalu.

Sementara dari pantauan awak media dilapangan, terlihat limbah dari kandang bebek keluar dari celah-celah batu dinding bangunan. Sehingga diduga perternakan kandang bebek ini tidak mempunyai penampungan air limbah.

Terpisah, Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Hijau Banyuasin, Ari Anggara saat dihubungi melalui telepon selulernya, angkat bicara perihal kejadian tersebut. Ia berharap tindakan tegas dari pemerintah desa melalui kepala desa agar segera berkoordinasi dengan Satpol PP kabupaten Banyuasin sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) dan bisa segera dilakukan eksekusi (Penutupan).

“Kami meminta segera ditindak tegas, Kades harus mengambil sikap dan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perternakan dan Satpol PP, ini sudah jelas dikeluhkan oleh warga. Apalagi saat ini lagi gencar-gencarnya Virus covid-19, jika lingkungan yang kotor otomatis penyakit mudah datang,” ujar dia.

Tambahnya, “Sudah kita layangkan surat ke kades dan pemilik kandang bebek. Untuk menanggapi masalah yang ada, jika tidak ditanggapi keluhan dari warga, kami atas nama aliansi masyarakat peduli lingkungan hijau Banyuasin, akan mengambil sikap untuk melaporkan langsung hal ini ke Bupati. Marilah kita dukung kerja pemerintah untuk mempersempit ruang lingkup Penyebaran virus covid-19 saat ini,” katanya. (Adm)

Powered by Blogger.