Wabah Covid-19, Pendaftaran BGP Tetap Jalan


- Tahap Lanjutan Belum Bisa Dipastikan 

PALEMBANG, SP - Meski Virus Corona (Covid-19) saat ini sedang mewabah, pendaftaran Bujang Gadis Palembang (BGP) tetap berjalan. Hanya saja prosesnya melalui online sehingga pendaftar tetap berada di rumah sesuai dengan anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing (jaga jarak). 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, pendaftaran BGP 2020 ini dilakukan secara online melalui www.bgp-palembang.com dan pendaftar dapat mengisi berbagai syarat di dalam website tersebut. 

"Mulai tahun ini kita lakukan online, terutama di tengah Pandemi Covid-19 ini masyarakat harus stay at home," katanya, Minggu (5/4/2020).

Isnaini mengatakan, pendaftaran yang dibuka secara online sejak akhir Maret itu diyakininya tidak akan menyalahi anjuran pemerintah yang melarang masyarakat untuk menyelenggarakan acara terutama melibatkan khalayak ramai. Sebab, proses pendaftaran dilakukan secara online.

"Tidak ada kumpul massa, daftar dari rumah masing-masing, lewat gadget dan dibuka sampai waktu yang belum ditentukan," katanya. 

Lantaran proses seleksi lainnya seperti tahap wawancara, karantina dan lainnya belum dapat dipastikan waktunya, sehingga waktu pendaftaran cukup panjang. Bahkan, sejak baru-baru dibuka pendaftar sudah mencapai 110 orang ini lebih dari biasanya yang hanya 45-50 orang. 

"Naik dua kali lipat di awal pendaftaran dibuka, semoga dengan daftar lewat online ini peminat lebih banyak lagi," katanya. 

Biasanya disaat kondisi sedang normal, setelah pendaftaran BGP secara administrasi dilakukan, peserta akan mengikuti berbagai seleksi lainnya. Seperti diantaranya wawancara, bertemu dengan panitia seleksi, seleksi sampai di semi final dengan jumlah peserta dikerucutkan 64 menjadi 32 orang atau 16 pasang. 

"Setelah itu baru karantina dan final. Nah, karena Covid-19 maka proses ini ditunda. Sangat berbahaya terutama proses karantina itu semua peserta berbaur," katanya. 

Sementara itu, syarat pendaftaran mengikuti BGP ini diantaranya usia 16-25 tahun, belum pernah menikah, tinggi badan minimal untuk bujang 165 cm dan gadis 160 cm, bebas narkoba, memiliki loyalitas dan motivasi menjadi duta wisata Kota Palembang. Selain itu, lampiran pendaftaran tersebut yakni formulir, fotokopi KTP/ kartu pelajar, fotokopi raport/ ijazah, pas foto 4x6 dua lembar, surat izin orang tua dan surat perjanjian aktif. (Ara)

Powered by Blogger.