Siapkan Tiga Opsi Pelaksanaan Pilkada Sumsel

Proses pelaksanaan Live Virtual Talk Show dengan tema Persiapan Pilkada Ditengah Pandemi Covid –19 di Sumsel Command Center, Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (22/04/2020). (foto: ist)
PALEMBANG, SP - Gubernur Sumsel, Herman Deru yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra,. Akhmad Najib mengikuti Live Virtual Talk Show dengan tema " Persiapan Pilkada ditengah Pandemi Covid – 19 di Sumsel Command Center, Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (22/04/2020).

Live Virtual Talk Show juga diikuti oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, Ketua KPU Sumsel Hj. Kelly Mariana dan CEO Founder Ipol Indonesia Petrus Harianto, Bawaslu Sumsel Yenli Elmanoferi .

Ahmad Najib menyampaikan, Pemerintah Provinsi Sumsel akan menyiapkan strategi atau langkah - langkah untuk mengantisipasi pilkada di 7 Kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak.

"Ada 3 opsi yang telah disiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut,” ungkapnya. 

Dijelaskannya, untuk opsi pertama bila dilaksanakan pada bulan Desember 2020 maka akan menyiapkan Pjs dan Plt bupati selama petahana cuti kampanye.

Opsi kedua, ungkapnya, bila dilaksanakan pada Maret 2021 maka akan menyiapkan Pjs dan Plt bupati selama petahana cuti kampanye dan menyiapkan penjabat Bupati tanggal 17 Februari 2021 saat akhir masa jabatannya (AMJ) sampai dengan dilantiknya bupati /wakil bupati terpilih dan revisi NPHD.

“Dan opsi ketiganya, bila dilaksanakan September 2021 maka Pemorv akan menyiapkan Pjs dan Plt bupati selama petahana cuti kampanye dan menyiapkan penjabat bupati tanggal 17 Februari 2021 saat akhir masa jabatannya (AMJ) sampai dengan dilantiknya bupati/wakil bupati terpilih dan revisi NPHD" jelas Najib.

Najib menyampaikan, harus optimis jika pilkada akan berlangsung aman dan lancar meskipun belum ada yang bisa memastikan kapan pandemi Covid - 19 ini berakhir. Dia juga mengajak bersama-sama berdoa semoga Pandemi Covid - 19 cepat berakhir.

Sebelumnya, pandemi Covid - 19 mengakibatkan tertundanya Pelaksanaan Pilkada yang semestinya dilaksanakan serentak pada tanggal 23 september 2020 di 270 wilayah se – indonesia. Pelaksanaan Pilkada senidir diperkirakan akan dilakukan setelah Juni 2021. (Rel)

Powered by Blogger.