Pemkot: Lokasi Pemakaman Covid-19 Jauh Dari Pemukiman

Ilustrasi (foto/net)
PALEMBANG, SP - Pemerintah Kota Palembang merencanakan menyiapkan lahan seluas dua hektar sebagai antisipasi jika ada jenazah Covid-19. Meskipun ada di Kecamatan Gandus, Pemerintah Kota Palembang menegaskan lokasi pemakaman tersebut berada jauh dari permukiman warga.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Palembang, Affan Prapanca mengatakan, lahannya di dalam lokasi TPU Gandus jauh dari pemukiman. 

"Kami hanya menyiapkan lahannya, saat ini rencana lokasi masih lahan kosong dan berada di ujung dekat akses jalan tol jauh dari pemukiman," katanya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustina mengatakan, upaya penyediaan lahan khusus untuk pemakaman diharapkan tidak menimbulkan pro kontra di masyarakat. Pemilihan lokasi juga diyakni memiliki pertimbangan yang matang, seperti disampaikan Walikota kemarin dan memiliki analisa yang matang. 

"Pertimbangan lainnya kondisi wilayah Gandus belum begitu banyak pemukiman warga dan lahannya juga masih luas," katanya.

Ia juga meyakinkan, pemetaan wilayah Gandus sudah tentu mempunyai banyak penilaian, tidak bisa sembarang dilakukan. "Artinya, ketika dipilih saya meyakinkan juga bahwa bila betul-betul terjadi mereka yang dimakamkan disana tidak akan menimbulkan wabah baru," katanya. 

Menurutnya, lahan tersebut merupakan tanah milik Pemkot Palembang yang sebelumnya diperuntukkan untuk pemakaman. 

"Mudah-mudahan wabah ini bisa segera diatasi sehingga kita harap tidak ada warga kita yang dimakamkan karena Covid-19," katanya. (Ara)

Powered by Blogger.