Palembang Masih Bertahan

(foto/net)
- Positif Covid-19 Tetap 4 Orang

- Satu Sembuh, Satu Meninggal

PALEMBANG, SP - Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Palembang, saat ini, Kota Palembang masih terdata 4 warga yang positif covid-19, yang berada di Kecamatan Ilir Barat I, 1 orang, Kecamatan Kalidoni ada 2 orang dan Sematang Borang 1 orang. Sementara, yang sembuh warga Kecamatan Ilir Timur III.

Dinas Kesehatan Kota Palembang mengkonfirmasi hingga 12 April 2020 sudah ada 6 orang warga Palembang yang positif Corona Virus Disease (Covid-19). Diantaranya 4 pasien masih dalam perawatan rumah sakit. 

Plt Kepala Dinas Kota Palembang, dr Ayus Astoni, saat dikonfirmasi Senin (13/4/2020) mengatakan, sejak 1 Februari - 12 April warga Palembang positif Covid-19 sudah ada 6 orang diantaranya 1 orang sudah sembuh dan 1 orang meninggal. Sementara, total pemantauan yakni berjumlah 454 orang dengan jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP) yakni 422 orang. "Selesai pematauan dalam 14 hari dan sehat yakni 354 orang dan proses pemantauan 68 orang," katanya.

Untuk kasus dalam pasien dalam pengawasan (PDP) yakni 26 orang dengan proses pemeriksaan 15 orang dan terkonfirmasi lab negatif Covid-19 sebanyak 11 orang. "Jadi hingga saat ini, tidak ada kasus warga Palembang yang positif namun karantina secara mandiri," ujarnya. 

Ia mengatakan, untuk pasien Covid-19 yang isolasi di rumah atau perawatan di rumah dapat dilakukan terhadap orang yang bergejala ringan dan tanpa kondisi penyertaan seperti penyakit jantung, paru, ginjal dan kondisi immunocompromissed.

"Tindakan ini dapat dilakukan oleh  pasien dalam pengawasan, orang dalam pemantauan dan kontak erat dengan orang yang bergejala dengan tetap memperhantikan kemungkinan terjadi perburukan," katanya. 

Untuk karantina, bisa dilakukan terhadap Orang Tanpa Gejaga (OTG) untuk mewaspadai munculnya gejala sesuai definisi operasional. "Lokasi karantina ini dapat dilakukan di rumah, fasilitas umum, atau alat angkut dengan mempertimbangkan kondisi atau situasi setempat," ujarnya. 

Ayus menambahkan, ada beberapa prosedur untuk melakukan isolasi dirumah yakni tempatkan orang atau pasien dalam ruangan tersendiri yang memiliki ventilasi udara yang baik. "Batasi pergerakan dan minimalkan berbagi ruangan yang sama. Pastikan ruangan yang bersama seperti dapur  kamar mandi memiliki ventilasi yang baik," tambahnya. (Ara)

Powered by Blogger.