Manfaatkan BLT Bagi Warga Dampak Covid-19

Ilustrasi Foto

MURATARA,SP- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akan memberikan Bantuan Langsung Tunai, (BLT) kepada masyarakat yang terdampak dpenyebaran Covid-19. 

Ketentuannya, masyarakat tersebut belum tercover sebagai penerima manfaat dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Kelurga Harapan (PKH).
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muratara, Zainal Arifin Daud, mengatakan, dari hasil pendataan yang dilakukan sebanyak 20.100 ribu rumah tangga  sasaran yang akan menerima manfaat BLT, bantuan yang akan diterima, berupa 8 kilogram beras, 2 kilogram gula, 1 liter minyak sayur dan 20 bungkus mie instan, dengan nominal sebesar Rp 160 ribu per paket. Hanya saja, bantuan ini belum disalurkan.

"Masih dalam pembahasan di tim gugus, kalau tidak menyalahi aturan, bantuan akan segera kita distribusikan sebelum masuk bulan puasa", kata Zainal Arifin, Senin, (20/4).

Dijelaskannya, bantuan akan diberikan selama enam bulan kedepan, dan data akan dievaluasi kembali setelah penyaluran tahap pertama, hal itu dilakukan mengingat data awal dilakukan verifikasi dalam waktu singkat.

"Setelah penyaluran tahap pertama nantinya, kita kembali akan mengevaluasi, karena verifikasi data yang kita ajukan itu sangat singkat, jadi besar kemungkinan ada yang belum tepat", jelasnya. 

Ia menambahkan, bantuan BLT dianggarkan sebesar Rp 23 milyar dari anggaran penanganan Covid-19 yang disisir Pemkab Muratara dari anggaran masing-masing Organisasi Perangkat Daerah, (OPD).(zm)

Powered by Blogger.