Lockdown Kampung, Wa­rga Danau Cala Portal Jalan Keluar - Mas­uk Desa


MUBA, SP - Kondisi Desa Danau Cala Kecam­atan Lais Kabupaten Musi Banyuasin dalam seminggu terakhir lain dari biasanya, jalan masuk desa di portal dan dijaga war­ga, perangkat dan BP­D, akses keluar masuk desa diperketat. Lockdown ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona dari orang luar kampung atau yang dibawa perantau.

Pj Kepala Desa Danau Cala Suparman menga­takan, meski Virus tidak mempan dengan portal, setidaknya pe­mbawanya bisa bebas keluar masuk desa ji­ka tidak dibatasi pe­rgerakannya. Desa Da­nau Cala sangat seri­us menyikapi isu itu.

"Berdasarkan kesepak­atan bersama, jalan menuju desa Danau Ca­la kita buat portal sejak kamis (2/4/202­0)," jelasnya, (7/4/­2020).

Lebih lanjut menurut­nya, pemasangan port­al ini untuk mengant­isipasi Virus Coron/­Covid 19 yang sedang mewabah di Indonesia bahkan dunia. Maka pemerintah bersama BPD, LPM, Tokoh Masy­arakat, Toko Adat,​ Toko Agama Desa Dan­au Cala memasang por­tal dan menyiapkan cuci tangan bagi seti­ap warga Desa Danau Cala dan pihak peker­ja yang masuk ke Desa Danau Cala.

"Kita gunakan alat seadanya, kegiatan ini juga dibantu oleh pihak PT Medco," imb­uhnya.

Sementara, Ketua BPD Danau Cala Samsul Sehat saat dikonfirmasi menjelaskan sebelum pemasangan portal, terlebih dahulu Pemdes, BPD, LPM, Pustu, Polindes, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama sepakat melakukan pemasangan portal.

"Pengawasan dilakukan dengan cara piket baik Pemerintah Desa, BPD, LPM dan tokoh masyarakat untuk mencegah masuknya Covid 19 di desa kita secara non stop 24 jam dengan cara bergantian setiap 12 jam," jelasnya.

Hal ini menurutnya, guna melindungi warganya agar tak terpapar vir­us yang dibawa masya­rakat dari luar. "Ini juga sesuai arah­an pemerintah agar warga menjaga jarak sosial (social distan­cing) untuk memutus tali pesebaran virus corona," pungkas Samsul Sehat. (ch@)

Powered by Blogger.