Kades di OKU Dilantik Secara Bertahap

Prosesi Pelantikan Kades di Kabupaten OKU, Senin, (20/4).

BATURAJA, SP-Mengikuti protokol kesehatan saat menghadapi situasi mewabahnya virus covid-19, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, (OKU), melantik sebanyak 74 Kepala Desa, (Kades), dari 12 kecamatan di Kabupaten OKU hasil pemilihan serentak Tahun 2020 secara bertahap mulai, Senin, (20/4), hingga, Kamis (23/4). Per harinya dibagi dua sesi, pagi dan sore. Pada Pelantikan, Senin, (20/4) sore, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU, Senin Sore, (20/04/2020) tamu yang diundang juga terbatas.
Bupati OKU, Drs. H. Kuryana Azis, mengatakan, sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemerintah, kades dituntut memiliki pengetahuan yang luas sehingga mampu mengakomodir kepentingan masyarakat, dapat menerima kritik dan saran. Kades juga dituntut lebih visioner, kreatif dan inovatif serta dapat melayani masyarakat dengan segala kemampuannya. "Kades yang baru dilantik hendaknya dapat menggerakkan masyarakat agar terwujudnya OKU yang maju, sejahtera, dan berbudaya", kata H. Kuryana dalam kata sambutannya.
Pada lebaran tahun ini, lanjut Kuryana. Terkait wabah virus covid-19, pemerintah melarang untuk mudik ke kampung halaman, oleh karena itu apabila masih didapati pendatang yang pulang kampung agar kades dapat mendata dan dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di posko kesehatan, puskesmas dan melakukan isolasi mandiri . Untuk membantu meringankan beban penduduk miskin, pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp.600.000 perbulan yang terkena dampak covid-19 selama tiga bulan, yang dimulai April hingga Juni 2020. 
"Kades harus dapat mengiventarisasi penduduk miskin/kurang mampu dengan benar", jelasnya.
Sementara data penduduk miskin di Kabupaten OKU tercatat sebanyak 23.000 lebih dari 143 desa semua ini masih harus diverifikasi lagi yang akan disesuaikan data yang ada di Kabupaten OKU. "Misbar  terdata sebanyak 20.000", tambahnya.(Yeyen& Rudick)

Powered by Blogger.