Instansi Kesehatan Muratara Terima APD

Penerima Bantuan APD Dari Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, (foto/zm)
MURATARA,SP - Sebanyak 8 Pusat Kesehatan Masyarakat, (Puskesma) di Kabupaten Muratara menerima bantuan Alat Pelindung Diri, (APD), dari Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, (Muratara), melalui Dinas Kesehatan. Penyerahan bantuan APD dilakukan, Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat, didampingi  Kadinkes Muratara, Marlinda, di depan Kantor Bupati Muratara, Rabu, (8/4).

Masing-masing Puskesmas mendapatkan bantuan, berupa,  masker bedah  sebanyak 7000 psc, handscoon sebanyak 12 000 psc, hand rub sebanyak 200 psc , vitamin sebanyak C 28 000 tablet, phavral (Multivitamin) 8300 tablet, nowoven (plaster) 83 psc, APD untuk pukesmas dan PSC 58 buah , APD RSUD Rupit 100 buah, Desifektan 45 liter, Tormogun 9 buah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, Muratara, Marlinda, mengatakan, bantuan tersebut disalurkan untuk persiapan awal dalam pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Dan selanjutnya, pihaknya, telah melakukan pemesanan, baju pelindung sebanyak sampai 1000 buah dan obat-obatan.

"Karena pencegahan penyebaran virus covid ini disegera mungkin kita siapkan. Dan sementara APD yang ada ini disediakan melalui APBD Muratara. Sementara bantuan dari Provinsi baru berupa masker dan Pemerintah Pusat insya Allah minggu depan akan mendapatkan APD," kata Marlinda.

Dilanjutkannya, bantuan APD yang disalurkan Pemda Muratara ke Intansi Kesehatan di setiap kecamatan untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona. Dan hal ini antisipasi kepada masyarakat jika diketahui adanya warga positif terpapar virus covid-19.

"Kita perlu waspada karena di Lubuk Linggau tetangga kabupaten Muratara sudah ada pasien yang dinyatakan positif walaupun yang terjangkit tersebut adalah warga pendatang. Saat ini, tidak sedikit masyarakat Muratara yang merantau di luar daerah mulai pulang. Untuk itu kami harapkan hal ini dapat mencegah penyebaran virus covid-19 di Bumi Berselang Serundingan", ujar nya.

Dalam Kesempatan itu, Bupati Kabupaten Muratara, H.M Syarif Hidayat menghimbau kepada setiap intansi kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Muratara, untuk tetap memantau masyarakat yang terindikasi adanya gejala virus corona di wilayah kerja masing-masing.

"Saat ini Tim Kesehatan adalah garda terdepan dalam penanganan penyebaran virus corona. Untuk itu kita harus dapat mempertahankan Muratara Zero dari Virus Corona. Tidak hanya bantuan ini yang kita lakukan tapi semua intansi telah terlibat termasuk Pemerintah Desa," kata Syarif Hidayat.

Untuk itu, dirinya juga menghimbau pada masyarakat untuk mengikuti dan mentaati himbauan dari pemerintah daerah serta pihak kepolisian dalam pencegahan penyebaran virus corona. "Seperti memakai masker, menghindari keramaian. Bertemu orang menjaga jarak 1 meter termasuk sering cuci tangan menjaga kebersihan," tambahnya. (zm)

Powered by Blogger.