Dua Kecamatan di Palembang Masih Aman dari Covid-19

(foto/net)
- Hingga 29 April

PALEMBANG, SP
– Dari 18 kecamatan yang ada di kota Palembang, dua kecamatan diantaranya masih dinyatakan aman dari penyebaran kasusu positif Covid-19 hingga 29 April 2020.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Palembang, dua kecamatan yang masih bebas dari kasus positif Covid-19 tersebut yakni kecamatan Bukit Kecil dan Kecamatahn Gandus Palembang.

“Dua kecamatan ini masih nihil atau tidak ada ditemukan kasus positif Covid-19,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang dr Ayus Astoni, melalui Juru Bicara Dinkes Yudhi Setiawan, Rabu (29/4).

Dijelaskannya, untuk 16 kecamatan lainnya tercatat telah ditemukannya kasus positif Covid-19 dengan jumlah yang bervariasi. Untuk Kecamatan Alang-Alang Lebar ada tiga kasus positif, Ilir Barat Satu ada 14 kasus, Ilir Barat Dua ada 1 kasus, Ilir Timur Satu ada tiga kasus, Ilir Timur Dua  ada tujuh kasus, Ilir Timur Tiga ada dua kasus, Jakabaring ada 2 kasus dan Kalidoni ada 15 kasus.

“Sementara itu, untuk Kecamatan Kemuning ada 4 kasus, Kertapati ada dua kasus, Plaju ada delapan kasus, Sako ada tujuh, Seberang Ulu ada dua kasus, Seberang Ulu Dua ada lima kasus, Sematang Borang ada tiga kasus dan Sukarami ada tujuh kasus. Totalnya ada 85 kasus,” terangnya.

Menurut Yudhi,meskipun ada pembahan pasien positif tetapi jumlah yang sembuh cukup banyak. Hingga 29 April 2020 saja total pasien sembuh dari terkonfirmasi positif ada 16 orang.

"Alhamdulillah di Kota Palembang total pasien terkonfirmasi positif kemudian sembuh ada 16 orang. Kita berharap seluruh masyarakat agar tetap berpikir positif," katanya.

Menurutnya, berdasarkan data sebaran Covid-19 ditemukan kasus positif terbanyak di Kecamatan Kalidoni dengan jumlah 15 orang dan Kecamatan Ilir Barat Satu dengan jumlah 14 orang.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekapitulasi data hingga Rabu (29/4/2020) ini, total pemantauan ada 1.746 orang. Diantaranya Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1.567 orang, selesai pemantauan 14 hari dan sehat ada 436 orang dan proses pemantauan 1.131 orang.

Ditambahkannya, untuk kasus Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yakni orang 94 orang, dengan proses pemeriksaan 51 orang dan terkonfirmasi lab negatif Covid-19 sebanyak 43 orang.

"Berdasarkan data hingga hari ini yang terkonfirmasi positif 85 orang, dirawat 67 orang, sembuh 16 orang dan meninggal 2 orang," katanya.

Kendati demikian, ungkapnya, masyarakat diharapkan tidak perlu panik dan mengucilkan pasien postif Covid-19. Selama tetap menerapkan social distancing serta menjaga pola hidup sehat dan rutin cuci tangan pakai sabun di alir mengalir.

"Diharapkan masyarakat untuk menjaga diri dan keluarga dari penularan dengan mengurangi aktifitas di luar rumah yang tidak mendesak dan selalu memakai masker jika aktivitas keluar rumah," katanya. (Ara)

Powered by Blogger.