DPRD Sumsel Minta Bupati Dan Walikota di Sumsel Serius Tangani Covid-19

Hj RA Anita Noeringhati
PALEMBANG, SP - DPRD Sumatera Selatan (Sumsel)  meminta kepada bupati dan walikota di Sumsel untuk lebih serius dalam penanganan pandemi Covid-19. Ini disampaikan setelah DPRD Sumsel melihat masih ada beberapa kabupaten kota yang belum maksimal dalam penyediaan fasilitas bagi pasien maupun tenaga medis.

“Ini untuk fasilitas bagi pasien ataupun tenaga medis saja masih banyak yang belum siap. Apalagi untuk perlindungan bagi masyarakat yang belum terpapar,” kata  Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati di gedung DPRD Sumsel, Rabu (29/4).

Anita mencontohkan, seperti Palembang yang hingga saat ini belum memiliki fasilitas (rumah sehat) bagi masyarakat yang ditetapkan sebagai ODP ataupun PDP. Menurutnya, selama ini untuk di Palembang memang ada rumah sehat yakni wisma atlet di Jakabaring.

“Namun yang harus diketahui itu bukan fasilitas Pemkot tapi provinsi. Artinya wisma atlet itu bisa digunakan untuk menampung pasien dari seluruh daerah yang ada di Sumsel. Harusnya Pemkot Palembang menyiapkan sendiri rumah sehat untuk isolasi mandiri ini,” tegas Anita.

Politis Golkar ini pun menegaskan agar pemerintah baik provinsi, kabupaten maupun kota harus segera melakukan upaya untuk memutus mata rantai. Jika usulan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) belum disetujui pemerintah pusat maka harus ada kebijakan lain yang diambil untuk menekan penyebaran Covid-19 ini.

“Kota Palembang harus membuat kebijakan seperti melokalisir wilayah artinya masyarakat tidak diberikan kemudahan untuk berkumpul. Ini harus lebih serius karena dibeberapa tempat saya melihat masih seperti biasa, masyarakat masih berkumpul tanpa menggunakan masker dan tidak menerapkan jaga jarak ini,” kata Anita.

Anita pun berharap, Pemkot Palembang dapat mengantisipasi dampak dari pandemi Covid-19 ini. Pemkot Palembang harus tegas dalam menegakkan kebijakan dalam rangka penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Pemkot Palembang tidak bisa hanya menunggu. Masker harus disiapkan. Pemerintah kota Palembang pun harus tanggap terhadap bantuan sosial dan ekonomi bagi masyarakat,” katanya. (DO)

Powered by Blogger.