Balap Liar Usai Sahur, Belasan Remaja Diamankan

Sejumlah Anak Baru Gede Dan Remaja Diamankan Lantaran Hendak Balapan Liar (foto/do) 
PALEMBANG, SP – Belasan remaja diamankan Satuan Sabhara Polrestabes Palembang, Sabtu (25/4) sekira pukul 04.30 WIB di Jalan Residen Abdul Rozak atau kawasan SMA Kumbang. Diduga, remaja yang didominasi pelajar libur sekolah itu, hendak melakukan balap liar. 

Dijelaskan Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji melalui Kasat Sabhara Polrestabes Palembang, AKBP Sonny Triyanto, saat petugas kepolisian melakukan patroli, didapati gelagat anak-anak muda itu hendak balapan di jalan raya. 

"Saat petugas mendekati beberapa remaja itu, mereka coba melarikan diri, lalu saya dan anggota langsung melakukan penangkapan dan pengejaran terhadap remaja tersebut dan berhasil mengamankan sebanyak sebelas remaja," ujar AKBP Sonny Triyanto, Sabtu (25/4) pagi.

Ditambahkannya, saat dihampiri petugas, tampak belasan remaja itu sedang bersiap menggober kendaraannya. “Kami amankan itu pembalapnya, bukan penonton. Kami juga mengamankan sejumlah barang bukti,” tambah dia. 

Diketahui, kesebelas remaja tersebut melanggar UUD pasal 115 nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan.  "Kalau untuk hukaman tegasnya mereka bisa dipenjara kurang lebih satu tahun dan denda tiga juta rupiah, namun kali ini diberikan peringatan saja,” sambung dia. 

Mereka juga dibverikan hukuman untuk mereka duduk didepan ruangan Kasat Sabhara sampai malam hari. “Kemudian nantinya kita juga akan memanggil orangtua mereka untuk membuat surat perjanjian agar anak-anaknya tidak lagi mengulangi balapaan yang sama," imbuhnya. 

Kemudian dia menegaskan kalau aksi kesebelas remaja tersebut masih dalam pendalaman apakah mengandung unsur taruhan atau hanya balapan biasa.  "Saya sangat memberikan himbaun khusunya kepada kedua orang tua agar tidak memberikan izin kepada anak-anaknya untuk keluar rumah sehabis santap sahur, apalagi sekarang lagi maraknya virus corona, dan saya sarankan lebih baik dirumah saja untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sementara itu, dari pengakuan beberapa remaja saat dimintai keterangan mengatakan kalau mereka hanya mencari angin saja diluar rumah sambil berkeliling sebabis santap sahur. "Kami hanya bekeliling saja kak, disana cuma ngumpul-ngumpul saja namun belum sempat melakukan balap liar kami tertangkap," katanya. (do)

Powered by Blogger.