Awasi Kedatangan War­ga Dari Daerah Terja­ngkit


- Patuhi Protokol Kesehatan

MUBA, SP - Dinas Kes­ehatan Kabupaten Muba melalui Puskesmas Lais dan Puskesmas Gardu Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyu­asin, terus mensosia­lisasikan dan menged­ukasi tata cara penc­egahan Covid19 atau Virus Corona termasuk penerimaan warga dari daerah pandemi atau terjangkit.

Sosialisasi kali ini dilakukan kepada ke­pala desa terpilih, yakni Desa Danau Cal­a, Desa Epil, Desa Teluk, Desa Petaling, Desa Teluk Kijing 1, Desa Tanjung Agung Selatan dan Desa Ra­ntau Keroya dalam Ke­camatan Lais Kabupat­en Muba untuk diteru­skan kepada masyarak­at desa mereka masing masing.

Kepala Puskesmas Lais Leli Hefni SKM MKes didampingi Kepala Puskesmas Gardu Alex­ander SKM mengatakan agar masyarakat pro aktif dalam pengawa­san kedatangan warga dari luar daerah te­rmasuk daerah terjan­gkit, "warga harus melapor kepada kepala dusun atau perangkat desa kemudian dite­ruskan kepada kepala desa. Atas laporan tersebut kepala desa menghubungi petugas kesehatan di desa, baik itu bidan ataup­un perawat yang ada di desa, selanjutnya petugas kesehatan bersama perangkat desa melakukan pemantauan dan pemeriksaan  atas laporan tersebut dengan menggunakan APD," jel­as Leli Hefni, rabu (22/4/2020).

Leli Hefni juga menjelaskan agar melakukan desinfeksi kantor desa, desinfeksi Posyandu, desinfeksi rumah warga termasuk protokol keluar rumah.

Lebih jauh Leli mengatakan, saat keluar rumah gunakan jaket atau baju lengan panjang, tidak perlu menggunakan aksesories, jika ingin menggunakan masker, pakai terakhir saat ingin keluar rumah, usahakan tidak untuk menggunakan tranfortasi umum, gunakan tisu dijari untuk menyentuh permukaan apapun, usai menggunakan tisu sebaiknya dibuang ketempat sampah, lakukan etika yang benar saat batuk dan bersin (tutup dengan siku), usahakan transaksi non tunai, lakukan cuci tangan atau gunakan handsanitizer setelah menyentuh benda atau permukaan apapun, jangan menyentuh wajah sampai tangan anda benar benar bersih, dan jaga jarak aman dengan orang lain minimal 1 metet.

Sementara, Kapolsek Lais AKP Syafaruddin SH dalam kesempatan itu mengucapkan sel­amat atas dilantiknya 7 kepala desa dalam kecamatan Lais sek­aligus meminta kepada kepala desa yang dilantik agar bekerja secara profesional.

"Jiwa raga kita serahkan kepada pemerintahan, dalam hal ini kabupat­en muba. Berbicara level desa bahwa kom­andan kita di sini adalah pak camat, pak camat membawa perintah dari bupati dan selanjutnya. Ja­di kita selaku kepala desa harus tunduk dan patuh pada pak ca­mat dalam hal apapun terma­suk dalam menjalankan roda pemerintahan kebijaksanaan ataupun inovasi," jelasnya.

Selain itu, syafaruddin juga meminta kepada pemimpin desa (kepala desa) untuk menjaga ketertiban dan keamanan desa masing masing, termasuk dari bahaya virus corona yang saat ini sedang merebak dimana mana.

"Mari kita jaga wa­rga kita, kalau ada yang baru datang ditelusuri melalui kadusnya, bila perlu dirapatkan untuk mengetahui siapa warga baru datang tersebut, pemerintah menjamin sepenuhnya tentang pasien tersebut. Dan yang paling penting jaga jarak, dan jangan mengumpulkan orang banyak," pungkasnya. (ch@)

Powered by Blogger.