Tampung 4.000 Mahasiswa Baru

Suasana ruang adminitrasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Raden Fatah Palembang, Senin (3/3/2020). (foto:ist)
PALEMBANG, SP - Univerisitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Satu-satunya kampus agama Negeri di Sumatera Selatan ini akan membuka PMB dengan program penawaran lima jalur yang bisa diikuti oleh siswa kelaa XII SMA/SMK/MA di Sumatera Selatan dan Indonesia pada umumnya. 

Kapala Biro Administrasi Akademik Kemahasisaaan  dan  Kerjasama (AAKK) UIN Raden Fatah Palembang, Mirwan Fasta mengatakan, sama seperti tahun sebelumnya, PMB dibuka melalui lima jalur yakni dari Kemenristekdikti  ada dua yakni SNMPTN dan SBMPTN, dari Kementrian agama yakni dua juga SPAN PTKIN dan UM PTKIN dan ditambah jalur lokal yakni ujian seleksi mandiri (USM).

“Saat ini untuk PMB dalam tahap proses SPAN- PTKIN dan SNMPTN yang telah dimulai sejak awal Desember tahun lalu (2019). Ini kan jalur Nasional dulu dibuka atau jalur penerimaan non tes dan sudah lama kita sosialisasikan kepada sekolah-sekolah,” jelasnya, Selasa (3/3/2020).

Untuk saat ini, ungkapnya, peminat masyarakat untuk mendaftar di kampus UIN Raden Fatah melalui jalur SPAN-PTKIN ini tercatat hampir 12.521 pendaftar dan SBMPTN sebanyak 893 peminat.

"Untuk kedua jalur ini sudah tahap pengisian dan verifikasi PDSS serta pendafatran online. Pengumuman akan diumumkan pada bulan April mendatang," terangnya.

Dijelaskan Mirwan, setelah jalur non tesvaru akan dibuka jalur penerimaan dengan sistem tes yakni UM-PTKIN yang dimulai pendaftaran pada 15 April hingga 20 Mei 2020. Serta SBMPTN yang dimulai 30 Maret sampai dengan 11 April 2020. Sedangkan untuk jalur ujian seleksi Jalur mandiri Prestasi non akademik pendaftaran mulai 20 Januari hingga 20 Febuari 2020. 

“Untuk jalur Ujian Mandiri (UM) regular pendaftaran dibuka 10 Juni s.d 19 Juli 2020, jalur ini menerima calon mahasiswa baik peminat prodi-prodi keagamaan maupun umum. Kuota mahasiswa yang akan diterima di jalur UM maksimal 20 % sesuai aturan Kemenristekdikti,” ungkapnya.

Tambah Mirwan, untuk jalur non tes sendiri kuotanya yakni 50 persen, jalur tes 30 persen. Dengan total keseluruhan mahasiswa yang bisa diterima mencapai 4.000 orang atau sesuai dengan kebutuhan prodi yang ada lingkungan UIN Raden Fatah Palembang. (Kar)

Powered by Blogger.