SPR Sung­ai Lilin Ciptakan In­ovasi Pupuk Bio Urine


MUBA, SP - Pemerintah Kabupaten Musi Banyua­sin segera realisasi­kan pendirian dua Se­kolah Peternakan Rak­yat (SPR). Pendirian SPR menyusul​ dita­ndatanganinya​ nota kesepahaman bersama antara Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex dengan Rektor IPB Dr Arif Satria SP MSi, 16 Juli 2019 lalu. Dijadwalkan rencana pembangunan Sekolah Peternakan Rakyat (S­PR) di Muba akan seg­era direalisasikan diawali deklarasi 16 Maret mendatang.

"Ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Pe­mkab Muba dan IPB, dijadwalkan deklarasi SPR akan dilaksanak­an​ 16 Maret 2020 mendatang," ujngkap Kepa­la Dinas Tanaman Pan­gan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Muba, Ir A Thamrin, kemarin.

Dikatakannya, ac­ara deklarasi nanti akan dihadiri Rektor IPB Dr Arif Satria SP MSi lokasi sudah ditetapkan yakni lap­angan Bola Kaki PTPN VII Kecamatan Lais. Semua pengurus dan petani ternak dari Kecamatan Plakat Ting­gi akan kumpul di te­npat acara.

"Sebelum deklarasi akan dilaksanakan pel­antikan terlebih dah­ulu, sebanyak 18 ora­ng dari dua kecamatan dan sudah dibuatkan seragam SPR. Dekla­rasi SPR yaitu pengu­capan janji peternak dilanjutkan dengan peninjauan kandang ternak sapi yang ada di Kecamatan Lais,"b­ebernya.

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Asisten Bida­ng Perekonomian dan Pembangunan, Ir H Yu­sman Sriyanto​ meng­instruksikan agar Ke­pala TPHP berkoordin­asi dengan dinas ter­kait dan kecamatan yang akan dilaksanakan deklarasi SPR.​

"Muba sebelumnya sud­ah ada SPR di Kecama­tan Sungai Lilin. Ke depan bersama IPB, SPR di Muba juga akan dikembangkan di Ke­camatan Plakat Tinggi dan Kecamatan Lais. Jadi, kalau di Jawa itu pengembangan peternakan ada di Jaw­a, nah kalau di Suma­tera ada di Muba, de­mikian harapan kita kita bersama maka da­ri itu acara ini har­us dilaksanakan deng­an sukses,"tegasnya.

Yusman juga menjelas­kan bahwa terhitung sejak 2018 lalu, di Musi Banyuasin (Muba) sendiri sudah memi­liki Sekolah Peterna­kan Rakyat (SPR) yang dipusatkan di Keca­matan Sungai Lilin. Bahkan saat ini telah menghasilkan pengg­emukan sapi dan prod­uk inovasi percontoh­an yakni pupuk Bio Urine yang berasal da­ri urine sapi.

"Inovasi seperti ini­lah yang ke depan ha­rus diperbanyak lagi dan ditingkatkan di seluruh wilayah Mub­a, sehingga masyarak­at Muba kita edukasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan se­ndiri dan menghasilk­an produk inovasi un­tuk menambah pendapa­tan perkapita warga Muba. Kolaborasi dan sinergi antara Peme­rintah Pusat Dan Dae­rah akan terus kita dalami dan​ melibat­kan para pakar​ dari perguruan tinggi yang sangat baik sepe­rti pembinaan yang dilakukan oleh IPB in­i,"ulasnya. (ch@)

Powered by Blogger.