Sedot Wisatawan Lewat Lomba Bidar Mini

Suasana perlombaan Bidar Mini di Sungai Keramasan. (foto:Ara)
PALEMBANG, SP -  Pemerintah Kota Palembang terus melakukan berbagai event berbasisi lokal untuk ,meningkatkan kunjungan wisatawan ke kota pempek. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menggaet pengunjung untuk datang ke Kota Palembang damn telah masuk dalam calender of event Pariwisata Kota Palembang di 2020.

"Kita sebenarnya memanfaatkan momentum supersemar tapi yang jelas dibalik itu kita ingin menambah atraksi atau memperbanyak event yang digelar Palembang sehingga semakin menarik orang untuk kunjungan ke Palembang," jelasnya.

Menurut Isnaini, kegiatan bidar mini terbilang unik dan sangat mengedepankan kearifan warga lokal karena selalu digelar di sepanjang Sungai Keramasan dengan para peserta berasal dari warga yang berdomisili sekitar lokasi. 

"Satu perahu itu diisi oleh lima orang bahkan mulai tahun lalu ada kategori anak-anak dan wanita yang ikut ini," katanya. 

Dijelasknnya, dalam satu tahun bidar mini dilaksanakan sebanyak dua kali yakni di Keramasan dan Karyajaya. 

"Sebetulnya peserta yang ingin ikut bisa dari mana saja, tapi mayoritas warga sekitar yang ikut karena mereka sudah cukup piawai mengemudikannya sebab perlu keseimbangan yang tinggi," jelasnya

Pantauan Sumsel Pers, ratusan masyarakat antusias menyaksikan lomba tersebut, bahkan Jembatan Keramasan dipenuhi masyarakat yang menonton lomba bidar mini yang digelar Minggu (15/3/2020). 

Tak hanya di pinggiran sungai di dekat panggung, ratusan orang baik anak-anak maupun dewasa juga memenuhi badan jembatan. Mereka memberikan semangat kepada pengikut lomba, baik kategori anak-anak, wanita dan pria.

Salah seorang Warga Keramasan, Hasan mengatakan, menonton bidar mini adalah bentuk dukungan bagi para peserta lomba.

"Memang di berita dikabarkan soal Corona, tapi itu tidak membuat kami terlalu khawatir, kami pastikan hidup sehat, itu saja," katanya.

Di samping saat ini di Ibu Kota Jakarta tempat wisata ditutup juga kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan, Dinas Pariwisata Kota Palembang menyatakan belum mendapatkan perintah untuk hal serupa. 

"Kita akan melihat perkembangan kedepan, untuk saat ini belum ada," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani. (Ara)

Powered by Blogger.