RS Diminta Terapkan Deteksi Dini Covid-19

Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat diwawancarai awak media seusai melakukan Sidak Kesiapsiagaan Satgas Corona di Bandara SMB II Palembang, Senin (16/03/2020), (foto/lan)
PALEMBANG, SP - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru menginstruksikan Rumah Sakit (RS) di Sumsel untuk memberikan Pelayanan Deteksi Dini Virus Corona (Covid-19).

Hal ini diungkapkannya saat diwawancarai awak media seusai melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Kesiapsiagaan Satgas Corona di Bandara SMB II Palembang, Senin (16/03/2020).

Deru mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Provinsi Sumsel, pihaknya akan mengeluarkan instruksi kepada seluruh Rumah Sakit (RS) yang ada di Provinsi Sumsel. 

"Instruksikan ini berlaku baik itu RS negeri maupun swasta untuk memberikan pelayanan deteksi dini terhadap Covid-19," katanya.

Pemberian pelayanan deteksi dini tersebut, ungkap Deru, akan dilakukan secara gratis alias tidak dipungut biaya apapun.

Deru menjelaskan, meski di Provinsi Sumsel belum ada pasien yang terdeteksi positif Corona, tidak mengurangi kewaspadaan pemerintah terhadap wabah virus tersebut. 

"Alhamdulilah Sumsel masih terbebas. Jangan sampai kita lalai, kita mengingatkan baik pendatang dan yang tinggal di Sumsel untuk melakukan upaya pencegahan karena mencegah lebih baik dari mengobati," jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, untuk stok masker di Provinsi Sumsel sendiri saat ini tidak ada masalah.

 "Untuk masker tidak ada hambatan hanya memang kadang-kadang pada titik tertentu atau waktu tertentu perlu ditambah stok maskernya," ungkap Deru. (Lan)

Powered by Blogger.