Renovasi Dua Stadion Telan Dana Rp12 M

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Sumsel, Basyaruddin Akhmad saat diwawancarai awak media, (foto/lan)
PALEMBANG, SP – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk merenovasi dua staidon. 

Dua stadioan yang akan direnovasi tersebut yaitu stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Dan Stadion Bumi Sriwijaya Palembang. 

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Sumsel, Basyaruddin Akhmad mengatakan, renovasi atau perbaikan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

"Dana untuk renovasi dua stadion ini dianggarkan melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumsel 2020. Untuk hitungan perencanaan awal dana perbaikan di stadion GSJ sebesar Rp6 miliar dan Bumi Sriwijaya Rp5 miliar, namun kita siapkan dana sebesar Rp12 miliar," ujar Basyaruddin saat diwawancarai, Rabu (04/03/2020).

Dijelaskannya, renovasi yang akan kita lakukan yakni meliputi perbaikan fasilitas. Saat ini pihaknya telah menunjuk perencanaan lelang kepada pihak konsultan untuk melakukan identifikasi kebutuhan fasilitas apa saja yang masih kurang dan harus diperbaiki di dua stadion tersebut.

“Jika nantinya dari hasil identifikasi perbaikan dua stadion tersebut membutuhkan dana yang lebih besar lagi, kita akan melakukan koordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meminta bantuan dana perbaikan,” terangnya.

Basyaruddin menambahkan, selain meminta bantuan Kementrian PUPR, pihaknya juga berencana akan menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan pihak swasta terkait untuk membantu kekurangan dana untuk merenovasi stadion GSJ dan Bumi Sriwijaya. 

"Perusahaan BUMD dan pihak swasta di Sumsel ini banyak dan juga aktif dalam membantu event olahraga yang diselenggarakan di Sumsel, kami yakin mereka juga akan membantu memperbaiki stadion GSJ dan Bumi Sriwijaya," katanya. (Lan)

Powered by Blogger.