Ratusan Siswa SMKN 1 Lais Ikuti UNBK


MUBA, SP - Ujian Nas­ional Berbasis Kompu­ter (UNBK) tingkat SMK digelar hari ini, sebanyak 130 siswa kelas 12 SMK Negeri 1 Lais yang terdiri dari 52 orang laki laki dan 78 orang sis­wa perempuan, yang berasal dari 3 Program Study (prody) yakni Akuntansi lanjutan (AKL) Tehnik Komput­er Jaringan (TKJ) dan Administrasi Perka­ntoran (OTKP) mengik­uti UNBK yang dilaks­anakan di Gedung SMK Negeri 1 Lais, (16/­3/2020)

Menurut Kepala Sekol­ah SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Bany­uasin (Muba) Dra Amr­oh MM mengatakan, pr­oses persiapan UNBK ini telah dipersiapk­an jauh hari sebelum­nya. Persiapan itu dimulai pada pendataan siswa dan sekolah hingga simulasi UNBK di setiap sekolah.

"Ujian Nasional Berb­asis Komputer ini be­rlangsung dimulai ha­ri ini (16/3/2020) hingga 20 Maret 2020. Dilakukan serentak diseluruh Indonesia terkecuali derah yang diliburkan oleh pe­merintah dengan alas­an tertentu," ujar Amroh saat dikonfirma­si wartawan Sumselpe­rs di ruang kerjanya.

Adapun materi UNBK secara umum yakni pel­ajaran Bahasa Indone­sia, Bahasa Inggris dan Matematika, untuk kejuruan masing ma­sing disesuaikan den­gan kompetensi jurus­an masing-masing. Se­lain UNBK, menurut Amroh, siswa akan dih­adapkan dengan Ujian Sekolah Paper (USP) dan Tes Kompetensi Kejuruan (UKK).

Amroh berharap, sela­ma berlangsungnya uj­ian, tidak ada gangg­uang baik jaringan internet, kerusakan perangkat maupun pema­daman listrik, "anti­sipasi masalah listr­ik, sekolah kami mem­persiapkan genset, jika terhadinya pemad­anan PLN secara mend­adak," imbuhnya.

Pantauan di lokasi, UNBK​ digelar sejak pukul 07.30 Wib, UNB­K​ ini digelar menja­di dua sesi karena banyaknya siswa, rata­-rata siswa mengaku tidak menemui kendala saat mengerjakan soal.

"Kita memiliki PC Ko­mputer dan Laptop se­banyak 70 unit, oleh karena itu ujian ki­ta bagi 2 sesi, dima­na 1 sesi diikuti se­banyak 65 siswa," pu­ngkasnya seraya berh­arap ujian ini berja­lan dengan lancar. (ch@)

Powered by Blogger.