PT KAI Periksa Suhu Tubuh Penumpang

Tampak para petugas KAI saat mengecek suhu tubuh para masyarakat yang akan berangkat menggunakan kereta api. (foto/lan)
- Antisipasi Penyebaran Virus Corona

PALEMBANG, SP
- Untuk mengantisipasi masuknya virus corona, pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang Kereta Api (KA).

Kepala KAI Divre III Palembang, Tamsil Nurhamedi mengatakan, pihaknya mewajibkan seluruh penumpang yang akan mengunakan KA untuk dicek suhu tubuhnya. 

"Pengecekan atau pemeriksaan suhu tubuh ini sudah kita lakukan sejak 02 Maret lalu," katanya kepada sumsel Pers, kemarin.

Dijelaskannya, tujuan dilakukan pengecekan atau pemeriksaan suhu tubuh penumpang tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona dilingkungan PT KAI. 

"Penumpang di cek suhu tubuhnya dengan alat pengukur suhu tubuh yang disediakan petugas saat akan masuk pintu keberangkatan stasiun Kertapati Palembang. Jika ada penumpang yang terdeteksi memiliki suhu tubuh panas maka akan langsung kita periksa ke pos kesehatan dan akan kita rujuk ke faskes terdekat" ujar Tamsil.

Tamsil mengungkapkan, selain pengecekan atau pemeriksaan suhu tubuh, penumpang diharuskan untuk mencuci atau membilas tangan terlebih dahulu.

"Penumpang kita minta juga untuk mencuci atau membilas tangan dengan cairan pembersih tangan instan. Setelah itu kita juga berikan masker kepada penumpang," ungkapnya.

Dijelaskannya, upaya antisipasi itu mengacu Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor SR.02.02/11/270/2020 tentang Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Corona Virus (2019-nCoV). 

"Kita tidak bisa memastikan upaya antisipasi ini akan dilakukan sampai kapan. Namun yang jelas, kita antisipasi sepanjang virus Corona ini mewabah," jelas Tamsil .

Sementara itu, salah satu penumpang, Meyfi Prima mengatakan, menyambut baik yang dilakukan pihak KAI untuk mengatisipasi penyebaran virus Corona. 

"Memang awalnya saya terkejut tapi saya sangat menyambut baik apa yang dilakukan pihak KAI ini, apalagi ini untuk kebaikan kita sendiri," katanya singkat (Lan)

Powered by Blogger.