Proses Pembuatan e-KTP Rampung Satu Hari

Suasana pelayanan e-KTP di Disdukcapil Palembang, Senin (9/3/2020). (Foto:ara)
- Pasokan Blonko Bertambah 

PALEMBANG, SP -  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang mengaku jika persyaratan lengkap, proses pembuatan e-KTP bisa rampung dalam satu hari.

Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Dewi Isnaini mengatakan, hal tersebut lantaran pesediaan blanko pada periode Januari-Februari mencaoai 10 ribu keping dan pada Maret tersedia 16 ribu keping. 

“Kalau tidak ada masalah, proses perekaman data dan pergantian bisa selesai satu hari saja,” ungkapnya kepada sumsel Pers, Senin (9/3/2020).

Dijelaskannya, dalam proses pembuatan e-KTP masyarakat diminta mengikuti prosedur yang ada. Sehingga siapaun yang ingin melakukan pembuatan e-KTP dengan syarat yang lengkap bisa langsung dicetap pada hari itu juga.  

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan arahan terkait pembuatan e-KTP tersebut. Penambahan blanko dilakukan untuk meminimalisir penggunaan Suket saat Pilkada serentak 2020 mendatang.

Seperti dikutip dari Kompas.com, sebelumnya Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh melarang seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk menerbitkan suket sebagai pengganti e-KTP.

Pihaknya akan melakukan percepatan penyelesaian percentakan suket menjadi e-KTP di 32 provinsi yang ada di Indonesia, termasuk 188 Disdukcapil di kabupaten/kota. (Ara)

Powered by Blogger.