Pensiunan ASN Bisa Ambil Gaji Lewat Android

Kartiman Slamet, Branch manager PT Taspen Palembang (kanan) menunjukkan Otentikasi melalui aplikasi PT Taspen yang dapat di unduh di play store. (Foto:Ara)
PALEMBANG, SP - PT Taspen Palembang terus berupaya memberikan kemudahan bagi para pensiuanan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam proses pengambilan gaji.  Agar tidak harus repot-repot pergi ke bank, pigak Taspen telah mengembangakn aplikasi berbasis android agar proses pengambilan gaji bisa cukup menggunakan andorid saja.

Branch Manager PT Taspen Palembang, Kartiman Slamet mengatakan, dengan penggunaan aplikasi tersebut, pensiunan Asn cukup melakukan otentikasi melalui aplikasi Taspen setiap bulan sebelum pengambilan gaji.

Slamet mengaku, pihaknya terus menyosialisasikan otentikasi melalui aplikasi PT Taspen agar pensiunan tidak kebingungan. Salah satunya dengan bersinergi dengan mitra pembayaran, instansi yang menangani soal kepegawaian, Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) dan sebagai lembaga yang menyalurkan dana APBN.

"Kita sama-sama bersinergi untuk memahami suatu kebutuhan bahwa dalam pelaksanaannya diperlukan sinergitas. Era saat ini, digitalisasi layanan peserta lewat otentikasi pembayaran pensiun akan mempermudah pensiunan karena pensiunan bisa mengambil gajinya di ATM dimana ia berada sekalipun diluar Palembang, semisal di Jakarta," jelasnya saat dijumpai di Rapat Koordinasi Kepegawaian (Rakor) PT Taspen, Kamis, (5/3/2020).

Menurutnya, otentikasi wajib dilakukan oleh pensiunan setiap bulan agar pembayaran gaji langsung diterima ke rekening yang bersangkutan.

"Per tanggal satu tiap bulan sudah otentifikasi melalui smartphone saja," ujarnya.

Ke depan, ungkapnya, digitalisasi layanan lainnya juga akan dilakukan lewat klaim otomatis, saat ini memang dengan sistem pengiriman data melalui PDF dan sebagainya, namun akan disempurnakan dengan digitalisasi yang akan diperkuat dengan regulasi yang bisa mengcover layanan klaim otomatis.  "Ini prinsipnya untuk memberikan kemudahan pada peserta," katanya.

Sementara itu, Manager Operasional PT Taspen Cabang Palembang, Fanny menambahkan, otentikasi perlu dilakukan agar pencairan uang pensiunan bisa langsung masuk rekening. Bila otentikasi tidak dilakukan maka uang pensiunnya tidak bisa diambil oleh pensiunannya.

"Apabila tidak diambil uang pensiunnya maka dari mitra bayar akan melakukan layanan kunjungan penerima pensiun apakah pensiunannya masih hidup atau sudah meninggal dunia. Taspen pada prinsipnya akan tetap membayarkan uang pensiun ke rekening pensiunan yang ada dimitra bayar dan fungsi otentikasi sebagai alat bukti diri bagi penerima pensiun agar tidak terjadi keterlanjuran bayar apabila penerima pensiun sudah meninggal dunia," jelasnya. (Ara)

Powered by Blogger.