Pemkot Gencar Bersih-bersih Masjid

Bersih-bersih Masjid Taqwa yang dilakukan oleh pegawai Pemkot Palembang. (Foto:Ara) 
- Cegah Penyebaran Covid-19

PALEMBANG, SP -  Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Kota Palembang untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan melakukan gerakan bersih-bersih masjid. 

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Palembang, Nur Ainun mengatakan, sebelumnya Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, telah melakukan gerakan bersih-bersih masjid di Masjid Agung sebagai tindaklanjut dari intruksi Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Yusuf Kalla, tentang sosialisasi ke tempat ibadah berkaitan dengan kewaspadaan Covid-19.

Nur Aiunun mengatakan, Setiap OPD, dibagi tugas masing-masing untuk membersihkan setiap sudut. Mulai dari drainase, tempat wudhu, sajadah, lantai hingga langit-langit masjid.
"Gerakan bersih-bersih masjid ini akan terus berlangsung di setiap masjid. Bahkan sudah dijadwalkan ada setiap pekannya," katanya saat melakukan pembersihan Masjid Taqwa bersama jajaran pegawai lainnya, Selasa (10/3/2020).

Dijelaskannya, bersih-bersih masjid bukan berarti Palembang sudah ada yang tersucpect virus tersebut, melainkan sebagai bentuk pencegahan. 

"Sampai sejauh ini Palembang kondusif aman, dan sampai sekarang belum ada yang terkena virus ini. Kedepan jangan sampai ada yang terkena, semoga tidak ada yang terkena virus ini," katanya.

Meski Palembang aman kondusif, Pemkot Palembang mengajak warga tetap waspada dan jangan terlena dan tetap menjaga kebersihan dengan enam langkah mencuci tangan dan beretika bersih, karena penyebaran Covid-19 menyebar melalui udara.

Nur Ainun mengatakan, ada 2.000 masjid yang ada di kota Palembang, gerakan bersih-bersih masjid tersebut tidak hanya akan menyasar masjid besar saja dan dalam pelaksanaannya juga langsung melibatkan ikatan remaja masjid.

“Tidak hanya melakukan gerakan pembersihan masjid, langkah antisipasi lainnya juga perlukan untuk mencegah virus ini. Sebelumnya juga, pihak Dinkes dan puskesmas telah diminta rutin melakukan penyuluhan pola hidup sehat,” terangnya. (Ara)

Powered by Blogger.