Pacu Minat Baca Lewat Dongeng

Suasan acara TBM Karya Mulya di Jalan Taqwa Merah Mata Kelurahan Karya Mulya Kecamatan Sematang Borang, Rabu (11/3/2020). (foto: Hmy)
PALEMBANG, SP – Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustaan Kota Palembang untuk mengembalikan minat baca anak dengan mengajak anak mendengarkan cerita dongeng. 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustaan Kota Palembang Gunawan  mengatakan, minat anak terhadap dongeng cerita rakyat tergolong minim, anak lebih memilih memainkan gadjet maupun menonton film kartun ketimbang membaca.

“Kita mengandeng rumah dongeng untuk berperan aktif dan gemar mendongeng untuk Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Palembang,” katanya saat membuka di TBM Karya Mulya di Jalan Taqwa Merah Mata Kelurahan Karya Mulya Kecamatan Sematang Borang, Rabu (11/3/2020).

Dijelaskan Gunawan, pada 10 hingga 20 tahun yang lalu, cerita dongeng sangat digemari oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

Selian itu, ungkap Gunawan, dalam cerita dongen banyak hal yang bisa didapatkan seperti bisa beintraksi, mengenal cerita rakyat Indonesia yang kaya cerita dan kearifan lokal. Apalagi dongeng dilakukan oleh orang tua sendiri sehingga terjalin komunikasi antara anak dan orang tua. 

“Tahun ini akan ada 10 kegiatan mendongeng yang digelar secara bergantian di tiap kecamatan,” katanya.

Menurut Gunawan, masa kanak-kanak jadi salah satu proses terpentingnya anak dalam mengenal berbagai hal, termasuk memperkuat imajinasi dan mempererat ikatan anak dengan kedua orangtua.

“Dari sini juga orang tua yang turut langsung mendampingi, agar bisa mendongeng untuk anak anaknya,” katanya.

dia menilai, kegiatan mendongeng tak sekedar hanya bercerita, tetapi ada banyak yang terjadi saat mendongeng yang berdampak pada pengaruh pertumbuhan dan kembang anak.

“Lewat dongeng mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi, konsentrasi dan imajinasi, mengenalkan nilai-nilai moral, dan menciptakan ikatan ibu dan anak yang kuat,” jelasnya. (Hmy)

Powered by Blogger.