Menanti Pelayanan Terbaik Maskapai Flynas

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), Dr Muhajirin Yanis saat meminpin Rapat Koordinasi Penyiapan Angkutan Udara Embarkasi Palembang tahun 1441 H/2020 M di aula Kanwil Kemenag Sumsel, Selasa (10/03/2020). (foto/lan)
PALEMBANG, SP - Pemberangkatan jemaah Haji asal Provinsi Sumatera Selatan pada tahun ini mulai menggunakan Maskapai Flynas. 

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), Dr Muhajirin Yanis  mengatakan, maskapai baru tersebut diharapkan bisa mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas layanan maskapai-maskapai sebelumnya. 

"Dengan adanya perubahan angkutan ini, mudah-mudahan layanan terus berubah ke arah yang lebih baik. Ketika diangkut Saudia selama ini lancar dan nyaman. Pelayanan Flynas minimal harus sama dengan Saudia. Kalau perlu lebih bagus. Bila jamaah kecewa, belum tentu periode berikutnya masih Flynas," ungkap Yanis usai memimpin Rapat Koordinasi Penyiapan Angkutan Udara Embarkasi Palembang tahun 1441 H/2020 M di aula Kanwil Kemenag Sumsel, Selasa (10/03/2020).

Yanis menjelaskan, untuk jemaah haji asal Provinsi Sumsel sendiri akan menggunakan maskapai penerbangan Flynas Airlines mulai terhitung tahun ini.

"Pertemuan kita hari ini adalah untuk memperkenalkan atau memberikan infirmasi kepada semua mitra kemenag bahwa ada maskapai baru yang memberangkatkan jamaah haji Embarkasi Palembang yaitu Flynas Airlines," jelasnya.

Yanis mengatakan, keberadaan Flynas Airlines  menjadikan jumlah maskapai penerbangan yang digunakan untuk memberangkatkan jemaah haji Indonesia menjadi tiga maskapai. Yakni Garuda Indonesia Airlines, Saudi Arabia Airlines, dan Flynas Airlines.

"Dengan bertambahnya alat transportasi udara yang akan memberangkatkan jemaah haji Indonesia ini dapat memberikan pengaruh cukup baik, terutama dalam hal harga tiket. Bila tahun lalu rata-rata harga tiket secara nasional adalah Rp30,2 juta dan tahun ini menjadi Rp29,6 juta," ujar Yanis.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sumsel melalui Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Sumsel, H Abadil mengatakan, perubahan angkutan udara dari Saudi Arabian Airlines ke Flynas Airlines tidak akan membuat kualitas pelayanan terhadap jamaah menurun. 

Meski diakuinya, butuh kerjasama dan koordinasi yang lebih intens mengingat ini merupakan tahun pertama Flynas beroperasi di Embarkasi Palembang. 

"Pihak Flynas akan langsung datang ke kantor-kantor atau pihak terkait untuk mengumpulkan informasi dan data, sehingga pelayanan angkutan udara jamaah haji Embarkasi Palembang kian memuaskan," katanya

Untuk tipe pesawat, menurut informasi yang diperoleh pihaknya, Flynas Airlines menyediakan pesawat Boeing 747 Seri 400 dengan kapasitas 500 seat. 

"Ini awal yang baik. Kita dapat informasi bahwa Flynas biasa memberangkatkan jamaah haji dari Malaysia, India, dan negara-negara Afrika.  Semoga perubahan angkutan membawa berkah bagi jamaah haji Sumsel," ujar Abadil.

Sementara itu, Manajer Operasional Flynas Airlines, Mr Khalid mengatakan, pihaknya bertekad memberikan pelayanan terbaik. Namun hal itu butuh dukungan dari semua pihak terkait. 

"Jadwal memang crowded, namun kita akan berusaha memberikan jadwal penerbangan untuk jamaah Embarkasi Palembang yang nyaman,” jelas Khalid. (Lan)

Powered by Blogger.