Kemiskinan dan Perekonomian Masih Menjadi Prioritas Pemkab Lahat 2021

Pembukaan  forum perangkat daerah dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Lahat Rabu (11/3)
LAHAT, SP - Peningkatan sumber daya manuasi, percepatan penurunan kemiskinan, peningkatan konektivitas, infrastruktur lingkungan hidup dan ketahan bencana serta peningkatan reformasi birokrasi stabilitasnya kemanan dan kehidupan beragama menjadi prioritas pembahasan Rencana penyusunan kerja pemerintah daerah Kabupaten Lahat Tahun 2021. Hal itu diungkapkan Bupati Lahat Cik Ujang,S.H ada pembukaan forum perangkat daerah dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Lahat Rabu (11/3) di grand Zuri Hotel .

"Empat program tersebut sejalan dengan prioritas program pembangunan Provinsi Sumsel dan program Nasional pada Tahun 2021 mendatang",Jelasnya.

Pembahasan RKPD tahun 2021 ini memiliki peran yang strategis dalam upaya sinkronisasi dan mewujudkan rencanaan pembangunan rencana musyawarah kerja pemerintah daerah (Musti bang RKPD) tingkat kecamatan dengan program-program perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Lahat.

"Tahapan pembangunan di tahun 2021 sangat menentukan program mewujudkan  masyarakat kabupaten lahat yang berakhlak, mandiri, berkeadilan, makmur dan sejahtera serta terselenggaranya pembangunan yang berbasis pemerataan berkelanjutan",Tegasnya kepada semua forum SKPD di Lingkungan Pemkab Lahat.

Sementara evaluasi capai kerja pemkab lahat dalam mengentaskan angka kemiskinan di kabupaten Lahat dari tahun 2018 telah mengalami penurunan meski angka tersebut masih di atas Provinsi Sumsel sebesar 12,56% dan nasional sebesar 9,22%.

"2018 angka kemiskinan 16,15% menjadi sebesar 15,92% pada tahun 2019. hal ini menunjukan perlu upaya yang maksimal dalam menurunkan tingkat kemiskinan kabupaten lahat sampai dengan angka satu digit",Tegasnya.

Penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Lahat tersebut sejalan perkembangan pertembuhan perekonomian di Kabupaten Lahat dalam beberapa tahun terakhir menunjukan kenerja positif dari tahun 2018 sebesar 4,07% dan capaian indeks  kabupaten lahat sekarang sebesar 0,306.

"Membaiknya perekonomian di masyarakat ini dapat dijadikan motivasi Pemkab Lahat dalam bekerja dan mengentaskan program-program yang belum tercapai seperti indeks IPM yang masih di peringkat 9 Sumsel dan beberapa program lainya masih membutuhkan pengejaran perbaikan untuk capaian maksimal",Katanya.

Sementara Kepala Dinas BAPPEDA Kabupaten Lahat Herman Oumar dalam sambutanya mengatakan, pembahasan RKPD Kabupaten Lahat ini guna menyelaraskan usulan dari tingkat Kecamatan hasil dari musrinbang. "Ya tentu, dengan adanya pembahasan RKPD ini, semua usulan dapat lebih di.pertajam dan perjelasan selaras dengan prioritas program pembangunan Kabupaten Lahat 2018-2023",Pungkasnya. (Om Cimeks)

Powered by Blogger.