Kampus Mulai Terapkan Belajar Online

Ilustrasi. (foto:net)
- Cegah Covid-19

PALEMBANG, SP –  Sejumlah kampus di Sumatera Selatan (Sumsel) mulai menerapkan  proses pembelajaran online. Kebijakan ini dilakukan menindaklanjuti imbauan yang diberikan pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Hingga saat ini ada tiga kampus yang telah mengeluarkan edaran terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19, yakni Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Universitas Bina Darma (UBD) Palembang.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Muhammad Sirozi dalam edarannya mengatakan, proses pembelajaran tatap muka mulai ditiadakan sejak Senin (16/3) hingga Rabu (1/4) 2020. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang. 

“Semua fakultas dan program pascasarjana untuk meniadakan pembelajaran tatap muka terhitung hari ini Senin (16/3) hingga Rabu (1/4) mendatang. Proses pembelajaran diganti dengan sistem e-learning,” ungkap Sirozi seperti dikutip dari surat edaran No:SE-188/Un.09/1.3/HK.00.7/03/2020 tentang pencegahan dan penanganan virus Corona, Rabu (16/3/2020). 

Dijelaskan Sirozi, proses perkualiahan hingga 1 April mendatang bisa dilakukan menggunakan media sosial seperti WhattApp, Facebook, dan Instagram. Sementara itu, dosen yang ingin memberikan tugas kepada mahasiswa bisa dalam bentuk book review, chapter report, anotasi dan membuat karya ilmiah tertentu yang  relevan dengan tujuan mata kuliah dan kompetensi prodi. 

“Semua kegiatan akadmeik dan non akademik yangmelibatkan lebih dari 15 orang untuk ditunda dulu pelaksanaannya. Termaasuk kegiatan wisuda sarjana, seminar, workshop, konferensi, PPL, KKN dan kegiatan sejenisnya termasuk perjalanan dinas keluar kota mauapun ke luar negeri,” tegasnya. 

Selain UIN Raden Fatah Palembang, UBD Palembang juga mengeluarkan edaran yang sama sebagai upaya pencegahan Covid-19 di kampus. UBD sendiri menerapkan proses pembelajaran jarak jauh mulai 21 Maret hingga 11 April 2020 mendatang. 

“Ini sebagai upaya partisipasi UBD dalam mengendalian penyebaran Covid-19. Langkah ini kita ambil sebagai tindakan pencagahan di lingkungan civitas akademika UBD,” ungkap Rektor UBD Palembang, Sunda Ariana seperti dikutip dalam surat edaran nomor 0004/Univ-UBD/III/2020, Rabu Senin (16/3/2020).

Selain itu, ungkapnya, berbagai kegiatan lainnya juga akan ditunda seperti praktik lapangan, studi banding, kunjungan industri dan berbagai kegiatan serupa lainnya. Sementara itu, pihak kampus tetp mmeperbolehkan kegiatan wisuda, yudisium dengan catatan tetap diikuti dengan sikap kewaspadaan dan pencegahan Covid-19.

“Kita imbau agar tidak ada perjalanan ke luar negeri. Mahasiswa diimbau untuk menerapkan pola hidup sehat sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19,” ucapnya.  (Kar)

Powered by Blogger.