Harga Emas di Palembang Dominan Naik


PALEMBANG, SP – Wabah virus Corona yang saat ini sedang merebak disebut berdampak signifikan terhadap perekonomian global. Adanya pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hingga harga pasar modal yang turun, tapi harga logam mulia (LM) justru meningkat drastis.

Marketing representative PT Antam Tbk UBBP Palembang, Imam Sutarwoko mengatakan, harga emas khususnya di Palembang, dominan naik sejak dua pekan terakhir.

“Saat ini hampir mendekati Rp850 ribu per gram. Kemungkinan harga emas akan terus naik bisa jadi di atas Rp850 ribu per gram pada pertengahan Maret nanti,” ungkapnya, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (9/3).

Ia menambahkan, ini disebabkan transaksi dagang di Tiongkok, pusat perdagangan dunia stagnan, pasar pun beralih memasarkan produknya. Ditambah lagi suku bunga bank dunia menurun hingga mengakibatkan IHSG anjlok, dan masyarakat memilih menyimpan emas karena dinilai lebih aman.

Sementara itu, Senior Manajer Penjualan Area Palembang Galeri 24 PT Pegadaian Cabang Palembang, Debora mengatakan, emas saat ini berada di harga Rp846 ribu per gram. Meskipun emas saat ini dominan naik, namun antusias masyarakat untuk membeli emas terutama logam mulia (LM) kian meningkat.

“Ditambah lagi, kami siap melayani pembelian emas murni atau logam mulia dengan cara kredit bagi masyarakat yang berminat melakukan investasi barang berharga itu,” kata Debora. 

Dia menjelaskan, masyarakat yang akan membeli logam mulia di Galeri 24 Pegadaian, dapat memanfaatkan fasilitas kredit dengan cara mencicil mulai tiga hingga 36 bulan. “Syarat untuk bisa kredit emas sangat mudah, yaitu hanya fotokopi KTP dan uang muka mulai 10 persen sampai 15 persen saja,” katanya.

Untuk produk emas yang disediakan menurutnya, mulai  di 0,5 gram sampai 1 kilogram, harganya di mulai dari  Rp448 ribu sampai Rp793 ribuan.

“Selama ini yang melakukan kredit emas di Galeri 24 Pegadaian tidak ada yang macet, karena mereka menyadari untuk melakukan kredit menggunakan harga saat akad, jika besok harganya naik tidak berpengaruh, jadi sayang sekali jika mereka membiarkannya macet, harga cicilan emas ini flat sampai kredit selesai,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk transaksi di Galeri 24 Pegadaian dalam sehari antara 1 – 2 kilogram emas logam mulia, kebanyakan masyarakat lebih memilih logam mulia daripada emas perhiasan, bisa jadi ini dikarenakan emas perhiasan itu belum tentu aman jika dipakai.

Untuk memiliki logam mulia di Galery 24 Pegadaian secara kredit ini bisa secara pribadi maupun arisan, untuk perbedaan nya, jika pribadi ketika selesai kreditnya emas baru di kasih. “Kalau arisan siapa yang dapat itu yang bisa memiliki logam mulianya,” tuturnya.

Untuk emas perhiasan diakuinya, pihaknya mengambil langsung dari produsen dan bisa juga dilakukan secara kredit, akan tetapi untuk desain saat ini belum bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. (dkd)

Powered by Blogger.