Deklarasi SPR Dipusatkan di PTPN 7 Unit Betung

Bupati Muba Dodi Reza Pose Bersama Rektor  IPB Bogor Prof Dr Aris Satria MSi Usai Deklarasi Sekolah Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat Sekar Ternak Jaya Kecamatan Lais dan Sekar Tinggi Makmur Kecamatan Plakat Tinggi (foto/ist)
MUBA, SP -​ Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dr H Dodi Reza Alex menghadiri Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Sekar Ternak Jaya Kecamatan Lais dan Sekar Tinggi Makmur Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), di Kantor PTP Nusantara 7 Unit Betung, Senin (16/3/2020).

Turut hadir Rektor IPB Bogor Prof Dr Aris Satria MSi, Sekda Muba Drs Apriyadi, Asisten III, H Ibnu Saad, Porkompimda, OPD, Camat Lais Drs Deni Sukmana MSi, Camat Plakat Tinggi, Manajer PTPN 7 Unit Betung Hidayat SP di wakili Asisten SDM & Umum Agus Lesmono SH, Kabag Umum & Perlengkapan Seprizal SE MSi, Kepala Desa dalam Kecamatan Lais, SPR Sekar Ternak Jaya Kecamatan Lais, SPR Plakat Tinggi Makmur Kecamatan Plakat Tinggi.

Diawali dengan pembacaan Deklarasi SPR yang dikomandoi oleh Bahtiar Saragih, Ketua SPR Sekar Ternak Jaya Kecamatan Lais dan Agus Salim Ketua SPR Plakat Tinggi Makmur Kecamatan Plakat Tinggi.

Dalam sambutannya, Rektor IPB Bogor Prof Dr Aris Satria MSi mengatakan, kegiatan ini adalah tbagaimana kita memberikan pembelajaran tentang konsolidasi para peternak sebagai salah satu upaya untuk terus berkonsultasi. Diharapkan, para peternak bisa semakin kuat dan dengan langkah-langkah yang sangat sinergis antara anggota.

Lebih lanjut dia mengatakan, ini adalah upaya Kabupaten Musi Banyuasin yang memang dianggap kuat sekali dan memang disini punya SPR sebelumnya yang sudah pernah dikirim ke Eropa sebagai wujud bagaimana pengembangan kelembagaan peternak. 

"Ini riset aksi yang menggunakan teknologi terbaru yang berbasis pada digital, jadi sekarang akan kita kembangkan lebih kuat lagi untuk support peternakan rakyat sebagai lulusan learning center yang kita gelontorkan. Untuk ini tentu dari Musi Banyuasin juga punya anggaran untuk riset. Kami baru bisa mengalokasikan 400 juta pada tahun ini, tahun berikutnya bisa terus bertambah untuk memperkuat reses SPR karena kalau tidak mau SPR tidak bisa dikembangkan tanpa berbasis pada riset. Insya Allah kelembagaan akan semakin baik," jelasnya.

Sementara Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex saat dikonfirmasi awak media mengucapkan selamat datang Rektor IPB di Kabupaten Musi Banyuasin, Bumi Serasan Sekate. 

"Selamat datang pak Rektor IPB serta rombongan dari Unsri yang juga hadir di sini, dan tentu saja kepada PTPN 7 selaku tuan rumah kami ucapkan terimakasih," ucapnya.

Lebih lanjut Dodi menjelaskan, SPR pertama kali di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Muba yang sudah berjalan dan sekarang ditambah ada 2 lagi yang dideklarasikan, yakni SPR Kecamatan Lais dan Plakat Tinggi.

"Tujuannya itu adalah menguatkan kelembagaan petani, memberikan informasi kepada para petani sehingga kedepan pasokan daging sapi akan lebih baik. Kita menggabungkan antara management modern dan juga pengetahuan dari sisi keilmuan sehingga para peternak ini mendapatkan pendidikan gratis yang luar biasa yang diinisiasi bersama pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, diharapkan nanti peternak sapi bisa meningkatkan kompetitif event terhadap peternak dari daerah lain dan bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat, " pungkasnya.

Sementara, Manajer PTPN 7 Unit Betung yang disampaikan Asisten SDM & Umum Agus Lesmono SH mengucapkan terimaksih karena telah dipercaya Pemkab Muba sebagai tuan rumah  acara Deklarasi SPR. "Menjadi kebanggaan kami ditunjuk sebagai tuan rumah, kami siap bersinergi dengan pemerintah dan akademisi menuju Muba Maju Berjaya 2022,"  pungkasnya. (ch@)

Powered by Blogger.