Cegah DBD Lewat Pengasapan Massal

Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat diwawancarai awak media, kemarin, (foto/lan)
PALEMBANG, SP – Salah satu upaya yang bakal dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mengurangi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Sumsel dengan melakukan pengasapan massal dan penyemprotan disinfektan diruang publik. 

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, terkait upaya pencegahan tersebut pihkanya mengaku telah memberikan instruksikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel. 

"Dengan diadakan pengasapan masal dan penyemprotan disenfektan ini kita harapkan DBD di Provinsi Sumsel tahun ini bisa berkurang," ujar Deru.

Deru menjelaskan, berdasarkan data yang ada di Dinkes Provinsi Sumsel, kasus DBD pada tahun 2019 lalu tercatat sebanyak 2.799 orang terjangkit DBD dengan rincian 16 orang meninggal dunia. 

"Kalau di Januari 2020 ada 562 orang dan satu meninggal. Pada Februari 2020 ada 819 orang dan dua meninggal akibat DBD. Dengan mayoritas Kota Palembang penyumbang terbesar kasus DBD," jelasnya.

Orang nomor satu di Sumsel ini menjelaskan, masyarakat diingatkan agar melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap bersih. 

"Masyarakat Sumsel juga harus berperilaku hidup sehat dan bersih dan rutin menjaga kondisi tubuh mereka  untuk mencegah penularan DBD," ungkap Deru (Lan)

Powered by Blogger.