Bappeda Lahat Susun RKPD 2021

Bupati Lahat Cik Ujang Menghadiri Musrenbang Tingkat Kabupaten. Acara Berlangsung di Hotel Grand Zuri
LAHAT, SP - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lahat menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Lahat tahun 2021, Selasa (17/3) di hotel Grand Zuri.

Kepala Bappeda Kabupaten Lahat Ir, Herman Oumar mengatakan Musrenbang ini merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam mengakomodir kepentingan masyarakat sejalan dengan visi misi Bupati Lahat Cik Ujang,SH dan Wakil Bupati Lahat H.Herianto.SE.MM.

"Tahapan Musrenbang dari tingkat kecamatan, konsultasi publik, forum perangkat daerah memiliki peran strategis dalam penyusunan RKPD Kabupaten Lahat kedepannya," katanya.
Bupati Lahat Cik Ujang,SH mengharapkan Musrenbang RKPD tahun 2021 mampu mengantisipasi permasalahan dimasa mendatang dan menerapkan prinsip berkelanjutan serta penanganan yang terintegrasi dan tidak parsial. 

"Ini butuh komitmen. Permasalahan penyelesaian pembangunan tersebut harus sejalan dengan penanganan komprehensif dan enovatif," tegasnya.

Dikatakan hubungan antara dokumen perencanaan dan penganggaran telah diatur dalam undang-undang. Penyusunan rancangan APBD berpedoman pada rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). Peran Musrenbang katanya sangat strategis dalam proses penganggaran kegiatan pembangunan. 

"Semuanya berkaitan, dari proses perencanaan, penganggaran sampai diterapkan semuanya tidak dapat terpisahkan demi tercapainya tujuan Musrenbang ini," kata manta anggota DPRD Lahat dua periode ini.

Selain tercapainya tujuan Musrenbang menurutnya, Musrenbang dapat memperkuat koordinasi antara perangkat daerah dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Lahat dalam mewujudkan Kabupaten Lahat Maju Disegala Sektor.

"Kami akui masih banyak keterbatasan yang membutuhkan solusi demi menciptakan perencaan lebih strategis dan tepat sasaran sesuai harapan masyarakat Kabupaten Lahat,” pungkasnya. (KH.Helmi)

Powered by Blogger.