Babinsa Tewas Diserang Gajah

Sertu Iskandar (49) Babinsa di Koramil 402-14/ Air Sugihan
KAYUAGUNG, SP - Sertu Iskandar (49) anggota Koramil 402-14  yang bertugas sebagai Babinsa Air Sugihan tewas akibat serangan gajah ngamuk saat menjalankan tugas di Dusun Belati Desa Banyubiru Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Rabu (4/3/2020).

Informasi yang dihimpun, sertu Iskandar gugur ketika membantu warga menghalau gajah liar yang memasuki pemukiman penduduk.

Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI, Letkol CZi Zamroni mengungkapkan kronologi meninggalnya prajurit TNI tersebut.

"Anggota kami pukul 09.00 WIB membantu menyelamatkan warga di Desa Banyubiru Jalur 27 Kecamatan Air Sugihan, korban kemudian lari dan terjatuh, kemudian diinjak oleh gajah liar yang memasuki pekarangan petani Air Sugihan," katanya, Rabu (4/3).

Dikatakannya, korban tak mampu menyelamatkan diri karena berada dibawah kaki gajah yang menginjaknya.

"Warga yang saat itu berada di lokasi tak mampu memberikan pertolongan karena gajah liar ini sedang mengamuk, dengan berbagai cara, warga kemudian berhasil menghalau gajah menuju hutan, dan warga langsung menolong anggota TNI tersebut namun sayang sudah tak bernyawa lagi," katanya.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel, Genman Hasibuan saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya telah menurunkan tim bersama Satgas penanggulangan konflik mendatangi lokasi kejadian.

"Disini kita mesti tegaskan, bahwa bukan segerombolan gajah. Melainkan hanya ada seekor gajah jantan pada kejadian ini," ujarnya.

Genman menduga, gajah jantan tersebut terpinggirkan dari kelompoknya.

Mengingat di kawasan Air Sugihan OKI memang terdapat Kantong Simpang Heran Sugihan yang merupakan populasi gajah terbesar di wilayah Sumatera Selatan.

"Terkait mengapa gajah tersebut bisa terpinggirkan dari kelompok, tentunya perlu pengkajian lebih dalam. Anggota saya bersama satgas juga sudah sampai di TKP dan sedang mencoba mengamatinya," kata  Genman. (hmy)

Powered by Blogger.