Antisipasi Virus Corona, PSSI Resmi Tetapkan Liga 1 dan Liga 2 di Tunda Hingga 2 Pekan


PALEMBANG, SP - Virus Corona telah dinyatakan sebagai masalah pandemi global, Indonesia termasuk negara yang telah melaporkan 96 warga negaranya yang dinyatakan terpapar virus COVID-19, termasuk baru baru ini menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi dinyatkan positif terinfeksi virus Corona. 

Untuk mengatisipasi penyebaran virus ini agar tidak meluas, PSSI selaku Federasi Sepakbola Indonesia resmi menunda kompetisi Liga 1 maupun Liga 2 terhitung di mulai pada 17 Maret hingga 2 April mendatang.

Hal tersebut diambil setelah rapat darurat yang diadakan di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (14/3/2020 ) malam, usai laga pembuka Liga 2 antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra.

Keputusan diambil setelah PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, berunding dengan Menpora Zainudin Amali, yang juga berada di Balikpapan. Senin (16/3), Liga 1 dan Liga 2, sudah disetop.

“Kami dari jauh-jauh hari sudah berdiskusi dengan Pak Menteri berkaitan dengan masalah corona, eskalasi dan dinamika di lapangan meningkat, makanya kami minta Exco (Komite Eksekutif)untuk berkumpul,” kata Mochammad Iriawan, ketua umum PSSI, Sabtu (14/3/2020) malam. 

“Dari hasil diskusi, disepakati bahwa Liga 1 pada Senin sudah harus berhenti, dan kebetulan memang sudah libur (FIFA matchday), jadi yang kami diskusikan adalah Liga 2.” Sambung dia.

“LIB sudah menyampaikan melalui grup WhatsApp Liga 2, bahwa hampir semuanya menyetujui bahwa Liga 2 besok terakhir. Karena masih ada sepuluh pertandingan yang akan dilakukan, baik Liga 1, mau pun Liga 2. Kami pastikan Senin hampir semuanya tidak ada Liga 1 mau pun Liga 2.” Pungkas dia.

Ditempat yang sama Zainudin mengakui bahwa corona makin mengkhawatirkan penyebarannya. Sehingga sangat risikan jika membiarkan adanya perkumpulan masyarakat, seperti di dalam kegiatan sepakbola.

“Rupanya perkembangan tentang penyebaran virus corona ini makin meluas, dan dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi, khususnya untuk penyelenggaraan kegiatan keolahragaan, termasuk di situ adalah kegiatan sepakbola.” Ujar dia.

Sementara itu Manajer Sriwijaya FC Hendri Zainudin mengaku mendukung penuh keputusan Menpora untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 mengingat hal tersebut untuk mencegah terjadinya virus Corona yang makin meluas 

"Betul, Liga 1 dan Liga 2 akan ditunda untuk sementara karena adanya kasus Virus Corona ini, kita juga lebih berpikir dan syukur akan keselamatan masyarakat, terutama pelaku sepakbola dan kita sambut positif," ujarnya

Meski kompetisi di hentikan sementara, skuad Sriwijaya FC tetap berada di Palembang dan tetap melakukan latihan seperti biasanya. 

"Pemain tidak akan dipulangkan, tetap di Palembang, dan kita serahkan kepada coac Budiardjo Thalib untuk membuat program selama kompetisi dihentikan, sementara pemain tetap latihan," tukasnya

Seperti diketahui Vurus Corona ini dinyatakan sebagai ancaman dunia,  yah bagaimana sejumlah tokoh terkenal dari latar belakang berbeda tak lepas dari terpapar Covid-19 yang kini telah menyebar hampir ke seluruh dunia.

Mulai dari pejabat, aktor Hollywood serta beberapa atlet sepakbola dunia yang dinyatakan mengidap virus mematikan ini,  bahkan baru baru ini diketahui pemain Serie A Italia yang merupakan Bek Juventus, Daniele Rugani resmi dinyatakan positif mengidap COVID-19. (Nis) 

Powered by Blogger.