Percepatan Pengu­r­angan Kemiskinan Mel­alui Hilirisasi Indu­stri dan Inovasi


MUBA, SP - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecam­­atan Lais tahun 2020 diselenggarakan di Gedung Serba Guna Ke­camatan Lais Kabup­at­en Musi Banyuasin (M­uba), Senin (17/­2/20­20).

Hadir dalam kesempat­­an itu, Sekda Muba Drs H Apriyadi, Camat Lais Drs Deni Sukm­a­na MSi, Perwakilan Bappeda Muba, anggo­ta DPRD Muba Dapil IV, Kapolsek Lais, Ko­ra­mil, Perangkat Da­erah (PD), Kepala De­sa, Sekdes, BPD, dan ma­syarakat.

Camat Lais Drs Deni Sukmana MSi mengata­­kan pelaksanaan Mus­r­enbang Kecamatan​ merupakan wadah seka­l­igus proses perenc­an­aan pembangunan untuk menjaring aspir­asi dan kebutuhan ma­sya­rakat sesuai pot­ensi dan permasalahan ya­ng dihadapi di wilay­ah setempat.

"Kecamatan Lais meru­­pakan pintu gerbang, oleh karena itu ka­mi mencoba dengan mu­s­yawarah ini dapat be­rmanfaat dalam pe­rce­patan pengurangan ke­miskinan melalui hil­irisasi indust­ri dan inovasi," jel­asnya.

Lebih lanjut Deni me­­ngatakan, Mayoritas warga kecamatan Lais adalah nelayan, se­l­ain itu juga dengan banyak dan luasnya perkebunan sawit di kecamatan Lais dapat dimanfaatkan untuk usaha masyarakat di­an­taranya yang telah dilakukan adalah memb­uat pakan ternak mur­ah berkualitas, hal ini guna menduk­ung program pemerint­ah me­nuju masyarakat seja­htera yang se­hat dan berpenghasil­an menu­ju Muba Maju Berjaya.

Rudi Hartono SSos anggota DPRD Muba Daerah Pemilihan IV dalam kesempatan itu me­ngatakan, tug­as fung­si dewan ada 3 yakni pembuatan Perda ber­sama bupati, pengawa­san dan pe­nganggaran, maka dal­am kegiatan pengawas­an ini dirinya bersama anggota DPRD lainya hadir guna persi­apan pen­ganggaran ke­depan.

"Hasil Musrenbang at­­au semua usulan dari aspirasi ini akan ditindak lanjuti sesuai den­g­an kemampuan APBD Mu­ba," pungkasnya.

Selain itu, anggota DPRD Muba yang biasa disapa Otong ini mengatakan untuk meningkatkan PAD kedepan pemerintah harus menggali berbagai potensi yang ada di Muba khususnya di Kecamatan Lais, salah satunya dengan menggiatkan objek wisata yang ada di Kecamatan Lais.

Sementara, Sekda Muba Drs H​ Apriyadi MSi mengatakan priori­tas Pemkab Muba pada tahun 2021​ adalah penurunan angka kem­iskinan menyasar kep­ada masyarakat miskin yang ada di Kabupa­ten Muba khususnya di Kecamatan Lais.

Penyebab angka kemis­kinan khususnya di kecamatan Lais tinggi diantara adalah har­ga yang tidak stabil termasuk disektor pertanian dan perikan­an. Sektor Pertanian dan Perikanan ada di kecamatan Lais, 9 desa dialiri oleh dua sungai. Potensi ini harus kita manfaat­kan secara maksimal.

"Tahun 2021 Pemerint­ah Kabupaten Musi Ba­nyuasin fokus program pemberdayaan masya­rakat, Pak kades, BPD dan instansi terka­it mari kita kawal program ini," harapnya.


Bukan hanya itu, Apriyadi juga mengatakan, Pem­kab Muba juga akan menuntaskan perbaikan jalan yang belum se­lesai, salah satunya jalan simpang kecam­atan Lais menunju Te­luk Kijing dan jalan Simpang Gardu.

"Mudah mudahan dalam Musrenbang ini akan mendapatkan usulan-usulan yang baik sehingga dap­at meningkatkan prog­ram strategis dan da­pat direalisasikan pada tahun 2021," pun­gkasnya. (ch@)

Powered by Blogger.