Gandeng Gojek Perbaiki Fasilitas Umum

Proses MoU Pemerintah Kota Palembang dengan pihak Gojek di rumah Dinas Palembang, Rabu (29/7/2020). (foto:Ara)
PALEMBANG, SP
- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) mangandeng Gojek untuk menjamin kemudahan pengiriman dan pengambilan berkas penting hingga revitaliasi fasilitas umum.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, ada lima item yang akan dikerjasamakan dengan pihak Gojek, mulai dari revitalisasi halte bus Rapid Transit (BRT) Transmusi, pemeliharaan skate park di bawah jembatan Ampera, pengantaran dokumentasi dan perizinan, pembinaan Usaha Keci Mikro Menengah (UMKM) pembayaran pakai GoPay, menunjang promosi wisata dan pembangunan sistem informasi pelayanan tenaga kerja dikembangkan Disnaker Palembang.

"Jadi ada beberapa dinas yang melakukan kerja sama ini, yakni Dinas Penaman Modal dan Pelayanan  Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perhubungan, Disnaker, Perindustrian, Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD), Dinas Perindustrian dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang," katanya usai melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan pihak PT. Aplikasi Anak Bangsa Gojek, Rabu (29/7/2020).

Dengan dilakukan kerja sama ini, kata orang nomor satu di Kota Palembang akan lebih memudahkan masyarakat, baik dalam kepengurusan dokumen perizinan, pengantaran dan pengambilan berkas kartu pencari kerja (Ak-1) dan peningkatan fasilitas umum untuk menambah kenyaman warganya.

"Ini juga sebagai rangsangan dan contoh pihak swasta lainnya dan OPD dalam memberikan peningkatan pelayanan," katanya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Palembang Yanurpan Yany mengatakan, kerjasama yang dilakukan pihak Disnaker dengan Gojek ini merupakan bagian dari pembangunan sistem informasi dan layanan ketenagakerjaan.

"Intinya kita memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Palembang, seperti  pembuatan Kartu AK 1, nah ini bisa dibuat dan dicetak sendiri dirumah," katanya.

Keuntungan yang kedua, Job Fair yang selama  ini digelar satu tahun sekaloI dan memerlukan biaya yang cukup besar, dengan  sistem ini perusahaan perusahan  setiap saat bisa merekrut pegawai dengan  memanfaatkan sistem ini, dan Disnaker yang akan menghubungi pencari kerjanya (pencaker)ini, tentunya pencaker yang sudah terdaftar.

"Gojek ini perannyo untuk  menghantarkan berkas atau dokumen yang  dipersyaratkan dalam pengurusan, karena bisa saja ada beberapa persyaratan yang banyak dan berukuran tebal   berupa dokumen terjilid ataupun persyaratan yg mengharuskan Asli yg tdk bs dikirim secara online sebagai  verifikasi, nah disinilah fungsi Gojek," katanya.

Sementara itu juga, PT.Aplikasi Anak Bangsa Gojek  Regional PPGR Sout of Sumatera Kenn Lazuardhi  Syarnubi mengatakan, ada beberapa item kerja sama yang telah dilakukan kerjasama tersebut langsunh bisa direalisasikan.

"Perbaikan halte, pemeliharan skate park dan pengantaran dokumen sudah bisa dilakukan," jelasnya.

Nah, untuk menunjang sektor pendapatan UMKM Gojek memiliki strategi khusus untuk pembinaan untuk pengembangan usaha. "Kita akan memberikan pelatihan dan pembinaan cara penjualan secara online," katanya. (Ara)
Powered by Blogger.